Ujian Tulis UMY Gelombang III Diikuti 2519 Peserta
News , August 11, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

umy

Ujian Tulis gelombang tiga pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) iikuti 2.519 peserta. Jumlah peserta ini terbanyak dari ujian tulis gelombang sebelumnya dalam PMB.

Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UMY, Dr Siti Dyah Handayani MM mengatakan, Program Studi (Prodi) favorit pada gelombang ketiga ujian tulis UMY masih sama seperti sebelumnya.

Pun Fakultas Kedokteran menjadi fakultas favorit para peserta tes ujian masuk gelombang terakhir.

“Untuk prodi yang banyak diminati dari jurusan IPA adalah Pendidikan Dokter dan Kedokteran Gigi. Sedangkan dari jurusan IPS, prodi yang menjadi favorit peserta ujian PBT adalah Manajemen, Akutansi dan Ilmu Hubungan Internasional kelas reguler,” kata Dyah, sapaan akrabnya pada Senin (10/8/2015).

Dyah menambahkan, ujian tulis gelombang terakhir ini diikuti oleh peserta dari seluruh penjuru Indonesia. Katanya, ada peserta yang berasal dari Papua dan Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, ada pula pendaftar di UMY yang berasal dari Thailand.

“Untuk yang dari luar negeri juga ada seperti dari Thailand. Biasanya peserta dari luar negeri melakukan pendaftaran dengan sistem nilai dan jalur non-test. Sedikit yang menggunakan jalur PBT,” tambahnya.

Peserta ujian PBT asal luar negeri, kata Dyah juga diharuskan untuk dapat memahami bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan soal yang disediakan berbahasa Indonesia.

“Kalau peserta dari Luar Negeri tersebut mendaftar untuk kelas reguler, memang diwajibkan untuk bisa berbahasa Indonesia,” lanjutnya.

tribunjogja.com