UMY Beri Bantuan Pembangunan SMK Muhammadiyah Gamping
News , October 16, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

umy

Sebagai salah satu perguruan tinggi milik Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) turut memberikan sumbangsih terkait pengembangan pembangunan sekolah-sekolah milik Muhammadiyah yang berlokasi dekat dengan kampus yang bertagline Unggul dan Islami tersebut. UMY selain memiliki misi mengembangkan peserta didiknya agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun lebih dari itu, UMY juga ikut serta membangun dan melakukan pengembangan masyarakat secara profesional, serta mengembangkan kerjasama dengan berbagai institusi nasional maupun internasional. Salah satu bentuk pengembangan masyarakat dan kerjasama yang kembali dilakukan oleh UMY yakni dengan membantu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta. Sumbangsih yang diberikan UMY yaitu dengan memberikan bantuan dana dalam pembangunan gedung dan laboratorium komputer SMK Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta. Bertepatan dengan 1 Muharrom 1437 H, pada Rabu (14/10) bertempat di halaman SMK Muhammadiyah Gamping, dilakukan peresmian gedung dan laboratorium komputer, yang diresmikan secara langsung oleh Rektor UMY, Prof.Dr. Bambang Cipto, MA.

Seperti diungkapkan Drs. Gita Danupranata, M.M, selaku Kepala BSDM UMY menuturkan, sumbangan yang diberikan oleh UMY tersebut bukan untuk pertama kalinya diberikan oleh UMY, melainkan sudah beberapa kali UMY turut membantu dalam pengembangan pendidikan sekolah milik Muhammadiyah. “Sudah menjadi tanggung jawab UMY sebagai salah satu amal usaha milik Muhammadiyah untuk turut memberikan bantuan kepada lembaga-lembaga pendidikan milik Muhammadiyah, yang sekiranya sedang membutuhkan bantuan pembangunan, dan UMY sudah beberapa kali memberikan bantuan tersebut ke beberapa TK, SD, bahkan SMP milik Muhammadiyah yang lokasinya dekat dengan UMY, dan dalam waktu kedepan UMY juga turut akan membantu pembanguan Sekolah Luar Biasa (SLB) milik Muhammadiyah yang berlokasi di Gamping” ucapnya.

Selain itu, ungkap Gita, dengan didirikannya bangunan dan laboratorium SMK Muhammadiyah Gamping ini diharapkan dapat menjadi ladang penyemaian kader-kader perserikatan Muhammadiyah. “Sebagai amal usaha Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah Gamping ini, diharapkan turut dapat membantu pengembangan perserikatan untuk kader-kader Muhammadiyah, selain itu juga menjadi sumbangsih untuk kemajuan pendidikan Indonesia,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Gamping, Budi Santosa, M.Pd mengungkapkan, sangat bersyukur dengan diresmikannya gedung baru dan Lab. komputer tersebut. Pasalnya, sejak pertama kali SMK Muhammadiyah Gamping tersebut berjalan pada tahun 2008, belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai. “Saya mengetahui hal tersebut saat pertama kali ditugaskan di SMK Muhammadiyah Gamping ini pada bulan Januari yang lalu. Padahal akta akreditasi sekolah akan berakhir pada bulan Oktober tahun ini. Karena itu, kami mulai mempersiapkan diri untuk akreditasi selanjutnya dengan memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana sekolah terlebih dahulu. Dan itu dimulai dengan membangun gedung dan Lab. komputer ini,” ungkapnya.

Budi menjelaskan, SMK Muhammadiyah Gamping ini sebelumnya memang memiliki Lab.Komputer. Namun komputer yang dimiliki sekolah hanya berjumlah 11 unit komputer, dengan satu komputer server (induk). Selain itu, sekolah tersebut juga belum memiliki ruang UKS, ruang IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), ruang OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), dan laboratorium IPA. “Jadi kami mencoba membuat proposal pengajuan bantuan kepada UMY, untuk membantu kami membangun gedung baru dan lab.komputer tersebut. Dengan adanya gedung baru ini, kami akhirnya bisa memiliki ruang perpustakaan, ruang guru dan kepala sekolah, ruang UKS, IPM, OSIS dan laboratorium IPA. Selain itu, komputer di lab. komputer juga bisa bertambah jumlahnya hingga 30 unit,” jelasnya.

Berdirinya gedung dan laboratorium baru di SMK Muhammadiyah Gamping tersebut, menurut Budi akan memiliki nilai tambah tersendiri. Selain untuk mendukung dan meningkatkan skor akreditasi sekolah, keberadaan laboratorium komputer yang baru itu pun dapat mendukung SMK Muhammadiyah Gamping untuk menjadi sekolah yang bisa melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer. “Kami sangat bersyukur gedung dan laboratorium baru ini sudah bisa berdiri. Dengan begini, kami bisa ikut mendaftar menjadi sekolah yang bisa melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer. Asesor dari Dispora DIY juga telah melakukan verifikasi terhadap lab. Computer, dan dengan adanya lab. komputer yang baru ini juga bisa mempersiapkan anak didik kami untuk mengikuti UN berbasis komputer,” ujarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − sixteen =