UMY Tampilkan Budaya Yogyakarta di ABU Robocon 2015
News , August 21, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

umy

Ditunjuk sebagai lokasi penyelenggaraan kontes robot internasional ABU Robocon 2015 , UMY inginkan persiapan menyeluruh.

Salah satu persiapan yang dilakukan, yaitu menyediakan ikon yang akan tampil saat kontes berlangsung. Tema yang diangkat, yaitu budaya Yogyakarta. “Kami tentu bangga karena ini event internasional. UMY telah menyiapkan berbagai hal untuk membantu menyukseskan kontes robot internasional ini.

Kami pun berkeinginan untuk memperkenalkan budaya Yogyakarta agar setidaknya para peserta yang berasal dari negara-negara Asia Pasifik ini lebih mengenal budaya dari lokasi yang mereka datangi,” ujar Wakil Rektor III UMY Sri Atmaja P Rosyidi ST MScEng PhD PE kemarin.

Sri Atmaja mengungkapkan, UMY telah menyediakan ikon budaya yang akan ditampilkan untuk mendukung kontes tersebut. Ikon tersebut, yaitu pasukan Wirobrojo atau Lombok Abang yang digambarkan sebagai robot yang sedang bermain badminton.

Menurut dia, ikon pasukan Wirobrojo memang telah biasa digunakan UMY dalam acara-acara nasional untuk mengenalkan tentang Yogyakarta. “Kami sengaja menggunakan ikon ini agar ada nuansa kearifan lokal Yogyakarta yang bisa kami tawarkan kepada para peserta. Ini juga sekaligus menyambut antusias masyarakat Yogyakarta yang tentunya juga ingin melihat kontes robot internasional, yang pertama kalinya diadakan di Yogyakarta,” imbuhnya.

Kontes Robot Internasional ABU Robocon 2015 akan diselenggarakan pada Minggu (23/8) di Sportorium Kampus Terpadu UMY. Kontes robot yang diselenggarakan oleh Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) dengan pelaksana teknis Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Dikti serta pendamping penyelenggara lokal UMY ini terbuka untuk masyarakat umum dan bisa disaksikan gratis.

Rangkaian kegiatan dari kontes ABU Robocon 2015 ini akan dilaksanakan pada Sabtu-Senin (22- 24/8). Pada Minggu (23/8), acara pembukaan akan digelar dan 19 tim dari 18 negara yang mengikuti kontes ini akan mulai bertanding. Karena mengangkat tema robominton (robot badminton) pada acara pembukaan akan hadir pula legenda bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti.

Penyelenggaraan kontes robot internasional ABU Robocon 2015 di Yogyakarta ini juga mendapat dukung penuh dari Pemerintah Daerah DIY. Pemda DIY yang diwakili oleh Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam IX menyatakan, sangat senang dan mengungkapkan terima kasih karena penyelenggara mempercayai Yogyakarta sebagai lokasi kontes.

Hal itu, menurut dia, dapat menjadi nilai tambah bagi pariwisata Yogyakarta. “Acara ini juga berhubungan dengan pariwisata di Yogyakarta. Agar orang-orang atau turis-turis yang datang ke sini tidak hanya mengenal tentang Prambanan atau Borobudur. Karena itu, kegiatan ini juga bisa membantu promosi pariwisata di Yogyakarta,” tuturnya.

Selain itu, Paku Alam IX juga mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional yang berlangsung pada Juni lalu di UMY. Dia pun memberikan masukan untuk masalah keamanan. “Karena kali ini peser – tanya rata-rata dari luar negeri, jadi juga tetap perlu meminta dukungan dari segi keamanannya. Apa – lagi sekarang Yogyakarta sudah semakin ramai. Jadi, sangat dibutuhkan dukungan dari segi pengamanannya,” imbaunya.

koran-sindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + eleven =