UNY Pada RITECH EXPO 2015
News , August 14, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uny (1)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berpartisipasi dalam Pameran Ritech Expo 2015 yang digagas Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikian Tinggi pada tanggal 7—10 Agustus 2015 di Lapangan D, Parkir Timur Senayan, Jakarta. RITECH Expo 2015 yang merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasionnal (Hakteknas) ini, diikuti oleh 83 institusi yang berasal dari penjuru negeri dan ditampilkan dalam 118 booth dengan mengusung tema “Inovasi IPTEK untuk Daya Saing Bangsa” dengan subtema “Pangan, Energi, dan Maritim”.

Ketua Kantor Urusan Internasionalisasi dan Kemitraann (KUIK), Dr.-Ing. Satoto Endar Nayono, M.Sc. mengatakan bahwa partisipasi UNY Ini, merupakan sebuah bentuk komitmen kampus dalam mengedepankan pengembangan inovasi yang berkelanjutan. “Partisipasi UNY dalam Ritech Expo 2015 merupakan komitmen kami untuk terus melakukan pengembangan produk melalui riset berkelanjutan untuk menghasilkan teknologi terbaik,” tutur Satoto.

Pada pameran ini, UNY mengirimkan delegasi yang terdiri dari perwakilan staf Kerjasama Dalam Negeri KUIK UNY, Humas FT, serta mahasiswa anggota Tim Mobil Listrik.

UNY menampilkan produk-produk unggulan seperti mobil hybrid, sepeda listrik niaga, kompor batik listrik, aplikasi pengenalan topeng nusantara, serta beberapa contoh makanan hasil pengolahan perikanan semacam siomay cumi warna-warni, nugget ikan, dan permen jelly rasa kakap (PERJAKA). Selain produk-produk tersebut, UNY juga memamerkan karya unggulan lainnya dari seluruh fakultas dalam bentuk katalog, leaflet, flyer, dan stiker.

Selain menjadi ajang sosialisasi produk dan inovasi UNY, dampak positif juga sangat dirasakan dengan partisipasi pada pameran ini di antaranya perusahaan digital printing di Jakarta yang bersedia menjadi sponsor tim mobil listrik yang akan berkompetisi ke Jepang dengan memberikan aplikasi autodesk berlisensi resmi sejumlah 125 lisensi atau lebih (sesuai permintaan UNY)  senilai 800 juta.

Di samping itu, Kemenkumham dalam kunjungan ke stand UNY menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan ada program kerja sama bidang otomotif yang akan segera dilaksanakan. Rencananya pihak Kemenkumham akan menghubungi UNY melalui bagian kemitraan dalam negeri atau tim Mobil Hybrid UNY.

Ketua Umum Peringatan Hakteknas ke-20 Tahun 2015, sekaligus menjabat sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Iptek Kemenristekdikti, Dr. Muhamad Dimyati, M.Sc., mengatakan bahwa pameran Ritech Expo 2015 ini merupakan hari raya bagi para peneliti dan perekayasa di Indonesia. “Saatnya para perekayasa dan peneliti mempertunjukkan hasil karyanya yang dengan seluruh upaya yang dimiliki telah berhasil melewati satu tahapan yang disebut inovasi dan sebagian besarnya telah melampaui beberapa tingkatan kesiapan teknologi pada level 7 ke atas,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., dalam kata sambutannya mengatakan bahwa teknologi memegang peranan yang sangat besar bagi martabat suatu bangsa. “Martabat suatu bangsa perlu diperhatikan dari seberapa jauh teknologi yang telah digunakan oleh bangsa tersebut. Manakala negara tersebut teknologinya tidak maju, maka martabat bangsa tersebut tidak bisa disebut maju. Pameran Ritech Expo diharapkan menjadi inspirasi kepada anak bangsa untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat dengan nilai yang tinggi,” ujar Menristekdikti.

Di sela-sela kunjungannya ke booth-booth para peserta pameran, Menristekdikti sempat mengunjungi booth UNY. Saat menyaksikan karya-karya UNY, Muhammad Nasir mengatakan bahwa dirinya telah mendengar dan mengetahui inovasi dan prestasi dari UNY terutama mobil hybrid yang baru saja dinobatkan sebagai juara umum pada kompetisi internasional di Korea Selatan (awal Juni 2015.red).

“Saya telah mendengar dan melihat langsung prestasi-prestasi UNY saat kunjungan saya ke Yogya beberapa waktu lalu, kemudian untuk kompetisi mobil listrik yang di Jepang bulan depan, semoga UNY mendapat hasil terbaik,” ucap  Menristekdikti.

uny.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + twenty =