UNY RAIH RANKING KE-7 PIMNAS DI KENDARI
News , October 12, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uny

Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional. Pimnas sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti mahasiswa atau kelompok mahasiswa yang terpilih melalui jalur PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan non-PKM. Pimnas juga berfungsi sebagai forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional dan masalah aktual lainnya. Telah dilaksanakan sejak tahun 1988, pada tahun ini Pimnas XXVIII diselenggarakan di Universitas Halu Oleo Kendari pada 5—9 Oktober 2015. UNY ikut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan 21 tim dengan 125 orang kontingen.

Pada Pimnas XXVIII ini UNY berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Menurut Wakil Rektor III UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam pesan singkat yang dikirim tadi malam, 3 emas tersebut diraih dalam 2 kategori poster dan 1 kategori presentasi. Sementara 2 perak diraih dalam kategori 1 presentasi dan 1 poster serta 1 perunggu diraih dalam kategori poster.

“Tahun 2014 UNY meraih ranking ke-10 pada Pimnas XXVII di Universitas Diponegoro Semarang” kata Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. “Tahun ini UNY meraih ranking ke-7 pada Pimnas XXVIII di Universitas Halu Oleo Kendari.” Beliau juga mengucapkan terimakasih dan mohon doa restu pada seluruh civitas akademika UNY agar tahun depan dapat menjadi lebih baik. Pimnas XXVIII diikuti oleh 113 perguruan tinggi dengan 440 judul PKM yang berhasil lolos ke babak final. Sementara PKM yang didanai Dikti seluruhnya berjumlah 7.646 judul dari 324 perguruan tinggi.

Menurut Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd., UNY mengirimkan 21 tim yang terdiri dari 2 tim PKM-Penelitian, 5 tim PKM Kewirausahaan, 9 tim PKM Karsa Cipta, 2 tim PKM Pengabdian Masyarakat, dan 3 tim PKM Teknologi. “Jumlah mahasiswa yang diberangkatkan 93 orang,” kata Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd., “sedangkan jumlah dosen pembimbing 16 orang dan official 16 orang.”

Staf Ahli Wakil Rektor III UNY tersebut memaparkan bahwa peraih emas dalam Pimnas XXVIII ini adalah kategori presentasi PKM Karsa Cipta berjudul “Palang Pintu Kereta Api Otomatis Berbasis Sensor Ultrasonik”, kategori poster PKM Teknologi berjudul “Alat Pengepres Baglog Jamur Otomatis”, dan poster PKM Karsa Cipta berjudul “Mesin Penanam Kacang Kedelai Praktis dan Efisien”.

Peraih perak adalah presentasi PKM Karsa Cipta berjudul “Shampoo Kulit Jeruk” dan poster PKM Kewirausahaan berjudul “Indonesian Culture in Batik”. Sementara peraih perunggu adalah poster PKM Karsa Cipta berjudul “Palang Pintu Kereta Api Otomatis Berbasis Sensor Ultrasonik”.

uny.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =