UPN Veteran Yogyakarta Laksanakan MoU dengan Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat
News , October 9, 2015, Unisi Radio

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

UPN

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat (Kalbar). Penandatangan MoU berlangsung di kampus setempat, Rabu (07/10/2015). Ikut hadir Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Tanjungpura Dr rer nat Ir RM Rustamaji MT, Dekan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN ‘V’ Yogyakarta Dr Ir Dyah Rini Ratnaningsih MT serta Rektor UPN Prof Sari Bahagiarti.

Universitas Tanjungpura menurut Rustamaji merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kalbar. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi munculnya MoU ini. Pembangunan ekonomi di Kalbar selama ini tidak hanya didukung di sektor perkebunan saja. Melainkan dari pertambangan juga.

“Untuk itu kita merasa perlu berguru ke UPN. Terutama terkait mineral. Sebab potensi ekonomi di sektor pertambangan di Kalbar sangat tinggi. Pertimbangan lain untuk peningkatan angka partisipasi kasar (APK),” katanya.

Sebelumnya, pihak Universitas Tanjungpura telah berkoordinasi dengan beberapa pengajar di kampus setempat yang memang ada sebagai alumni UPN. Terutama di pertambangan, perminyakan dan geologi.

Dari pihak UPN sendiri, nantinya akan berupaya membantu dari sektor kurikulum. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mengirim tenaga pengajarnya ke sana. “Kerjasama ini juga sebagai wujud peningkaan Tridarma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 7 =