3000 Onthelis Ramaikan Jogja Republik Onthel 2017

Jogja Dab!

Ribuan sepeda kuno bakal melintas di jalanan Kota Yogyakarta. Sebanyak 3000 Onthelis (sebutan untuk penggemar sepeda dan pengguna sepeda onthel-red) akan hadir dalam Jogja Republik Onthel (JRO) 2017 yang digelar tanggal 21 dan 22 Oktober 2017. Event yang bertema “Onthel Sahabat Museum, Museum Selalu Dihati” tersebut rencananya dipusatkan di Museum Benteng Vrederburg.

Presiden JRO 2017 Muntowil mengatakan, tema tersebut sebagai gambaran bahwa pecinta sepeda tua itu mencintai museum. Nantinya para penggemar sepeda tua akan dilibatkan dalam kirab sepeda dari museum ke museum sebagai bentuk dukungan JRO terhadap keberadaan museum Yogyakarta.

Para peserta JRO berasal dari komunitas sepeda tua indonesia (Kosti) berbagai kota di Indonesia. Seperti Kosti Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan, Bali, Sulawesi dan Kosti Jakarta. Ada delegasi dari luar negeri juga, salah satunya Malaysia.

JRO 2017 sendiri akan diawali Pameran Sepeda Tua Sarekat Onthel di Bentara Budaya Yogyakarta tanggal 13-22 Oktober. Selanjutnya ada acara Pasar Onthel di Halaman Benteng Vrederburg tanggal 21-22 Oktober. Selanjutnya ada Deklarasi Jogja Republik Onthel juga akan digelar di halaman Banteng Vrederburg, tanggal 22 Oktober 2017 pukul 06.30-08.00 WIB. Terakhir ada Kirab Sepeda Onthel yang akan menjelajahi sejumlah museum yang ada di Yogyakarta.

[source: tribunjogja.com]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =