Animator Indonesia Jadi Jagoan Baru Walt Disney Animation

Unisi News

Film  animasi garapan Walt Disney Animation “Moana”  ternyata turut melibatkan seorang animasi asal Indonesia bernama Griselda Sastrawinata.

photo-1-7

Hasil kerja Griselda sama sekali tidak mengecewakan, bahkan produser Walt Disney Animation Studios, Osnat Shurer, mengaku puas dengan hasil kerja Griselda dan berniat untuk mengukuhkan Griselda menjadi bagian keluarga besar Disney.  “Oh dia luar biasa. Dia seniman yang sangat bertalenta. Dia melakukan pekerjaan yang hebat sejak hari pertama. Aku rasa kami sangat beruntung,” kata Osnat dalam wawancara eksklusif dengan Kompas.com di Singapura.

Karya Griselda dipamerkan pada adegan pembuka film “Moana”. Pada bagian tersebut nenek Moana bercerita tentang manusia setengah dewa Maui, yang mencuri batu sakral Heart of Te Fiki. Sentuhan animasi dalam dalam bentuk karya seni tapa, milik orang-orang Polinesia ditampilkan oleh Griselda. Desain tersebut diapresiasi oleh Osnat “Dia membuat desain yang bagus. Dia memang baru bergabung, tapi dia membuat desain yang luar biasa dan menyegarkan,” ujarnya.

photo-2-7

Griselda menceritakan bahwa pengerjaan film ini memakan sekitar lima tahun sebab harus  menggali lebih dalam budaya orang-orang Polinesia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Griselda karena setiap departemen bergantung satu dengan yang lain, jadi ada tekanan untuk bisa mengerjakan semuanya dalam waktu yang singkat. Namun yang jelas, menjadi bagian dari Disney tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Griselda,“Saya sangat bangga bisa bekerja dengan Disney. Bagi kami, karya yang kami kerjakan adalah yang terpenting”.

Sebelum bekerja dalam pembuatan film animasi Moana, Griselda sudah pernah berkarya untuk DreamWorks Animation. Griselda tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang bekerja untuk Art Department di Walt Disney Company.

Disney menunjuk Griselda untuk menjadi pembicara dalam serangkaian workshop di Indonesia bertajuk “Moana Talent Tour” yang dihadiri oleh 500 peserta terdiri dari pelajar, animator, dan blogger. Kepala Marketing dan Partnerships The Walt Disney Company di Asia Tenggara, Alex Baillie berharap pengalaman dan pengetahuan Griselda bisa menginspirasi animator-animator Indonesia lainnya, baik yang masih belajar (kuliah) maupun yang sudah bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + eighteen =