BPA UII Selenggarakan In-House Training KKNI Lanjut

News

Unisi Radio Jogja: Campus Reporting News

uii (50)

Globalisasi dan persaingan internasional mengharuskan Indonesia selalu meningkatkan mutu baik pendidikan maupun kualifikasi kerja. Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) merumuskan sebuah rujukan nasional yaitu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Universitas Islam Indonesia (UII) menyambut baik langkah DIKTI tersebut dengan melakukan beberapa program untuk meninjau kembali kurikulum pendidikan yang saat ini berlaku. Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII sebagai inisiator program telah menyelenggarakan beberapa macam kegiatan salah satunya adalah In-House Training KKNI Lanjut yang dilaksanakan pada hari ini (25/9) bertempat di Gedung GBPH Prabuningrat. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari yang sebelumnya telah dilakukan yaitu Workshop dan In-House Training KKNI Dasar.

Turut hadir pada kegiatan training tersebut sebagai pembicara yaitu pakar KKNI Nasional dari Tim KKNI DIKTI Ir. Endrotomo, M.Art., Wakil Rektor I  Dr. Ing Ilya Fadjar Maharika MA., IAI., dan beberapa delegasi dari Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Informatika, dan Prodi Arsitektur.

Ilya Fadjar dalam sambutan pembukaanya menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa dijadikan sebagai platform acuan untuk pengembangan kompetensi seluruh prodi di UII.

Selaku narasumber Endrotomo juga menyampaikan banyak hal terkait dengan KKNI ini, pada intinya kunci untuk mencapai standar kerangka kualifikasi nasional ini adalah penjenjangan, penyetaraan, dan deskripsi. Sehingga dengan itu universitas mampu mencapai standar nasional yang akan diterapkan pada 2016 mendatang. Yaitu standar nasional pendidikan, standar nasional penelitian, dan standar nasional pengabdian masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada beberapa staf pengajar di lingkungan UII dalam rangka menyusun learning outcome prodi berbasis KKNI. Pasca pelatihan, staf pengajar tersebut akan menjadi tim pengembangan kurikulum berbasis KKNI di prodi masing-masing.

uii.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 8 =