FAST BREAK 1 APRIL 2019

FastBreak

Info Terkini Gunung Merapi Hari Ini, Terpantau Dua Kali Guguran Lava ke Arah Hulu Kali Gendol

Dikutip dari Tribun Jogja, Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) masih dinyatakan Waspada (Level 2). Tingkat aktivitas tersebut belum berubah sejak 21 Mei 2018.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menjelaskan, pada periode pengamatan Minggu (31/3/2019) pukul 18.00 hingga pagi ini, Senin (1/4/2019) pukul 06.00 WIB, teramati dari CCTV dua kali guguran lava ke arah hulu Kali Gendol. Jarak luncur guguran lava tersebut adalah 380 hingga 780 meter.

BMKG Deteksi 15 Kali Gempa di Sabang Pada Senin Pagi

Dikutip Harian Jogja, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi 15 kali gempa bumi di wilayah Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh pada Senin (1/4/2019) pagi, namun guncangan tidak dirasakan oleh masyarakat.

BMKG mencatat gempa bumi magnitudo 5,2 terjadi di wilayah Kota Sabang, Senin (1/4/2019) tepat pukul 6.46 WIB, tetapi tidak menimbulkan potensi gelombang tsunami.  Pusat gempa terjadi di laut dengan jarak sekitar 194 kilometer arah Barat Laut Kota Sabang, Aceh, yang memiliki kedalaman 10 kilometer.

Jet Tempur China Terobos Perbatasan, Taiwan Marah

Dikutip dari CNN Indonesia, Taiwan mengutuk China setelah dua jet tempur Beijing melintasi perbatasan lautnya pada Minggu (31/3). Kementerian Pertahanan Taiwan menganggap manuver itu sebagai “langkah provokatif.” Angkatan udara pun langsung mengerahkan jet tempur untuk mengusir pesawat-pesawat China tersebut.

Juru bicara Kantor Kepresidenan Taiwan, Huang Chung-yen, mengatakan Beijing harus menghentikan perilaku semacam ini yang membahayakan perdamaian regional dan bukan menjadi pengacau internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 5 =