Fast Break 1 Februari 2016 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

pagi

Tekuk Murray, Djokovic Juara Australia Terbuka

Novak Djokovic mendapatkan gelar Australia Terbuka keenam dalam kariernya setelah menundukkan Andy Murray tiga set langsung di final, 6-1 7-5 dan 7-6 (7-3). Ia tampil dominan dan tidak memberikan angin sama sekali untuk Murray bangkit.

Gelar ini juga merupakan grand slam yang ke-11 dalam kariernya, semakin memantapkan posisinya di puncak dunia.

Djokovic tampil sempurna di set pertama, dan dua kali mendapatkan breakpoint untuk unggul 5-0 terlebih dahulu. Murray sempat bangkit, namun hanya mampu merebut satu gim di set pertama.

Pertarungan ketat selamam 80 menit terjadi di set kedua. Dalam gim penentuan, Murray sempat mendapatkan breakpoint di angka 40-30, akan tetapi Djokovic mengagalkan hal tersebut dan merebut dua angka selanjutnya.

Murray sendiri terlihat kesal dengan kegagalannya ini dan membentur-benturkan raketnya ke lapangan.

Di set kedua ini, Murray unggul dalam urusan servis as mencatatkan 9 kali sementara Djokovic hanya satu kali. Tapi Murray melakukan 34 unforced errors sementara Djokovic hanya 19.

Murray berupaya keras dan memaksakan adanya tiebreak di set ketiga. Tapi Djokovic tampil sempurna dan mengirimkan dua servis as dalam posisi tiebreak, salah satunya membungkus kemenangannya ini.

Murray sebenarnya membukukan 40 winners dalam laga ini, sementara Djokovic hanya 31. Akan tetapi, Murray juga melakukan total 65 unforced-errors, sedangkan Djokovic hanya 41.

cnnindonesia.com

=======================================
John Terry Resmi Pamit

John Terry resmi pamit dari Chelsea. Bek berusia 35 tahun itu akhirnya buka suara bahwa kontraknya di Stamford Bridge tak akan diperpanjang lagi hingga akhir musim ini.

Terry membeberkan, baru mengetahui bahwa dirinya akan pensiun dari Chelsea sebelum timnya mengalahkan Arsenal 1-0, pada akhir pekan lalu.

“Kontrak saya tak mungkin diperpanjang, jadi ini akan jadi laga terakhir saya di Piala FA musim ini,” ucap Terry setelah timnya mengalahkan MK Dons, 5-1, di putaran keempat Piala FA, Minggu (31/1).

“Ini musim krusial bagi saya dan saya akan berusaha memberikan yang terbaik, bukan hanya di turnamen ini (Piala FA), tapi juga di Liga Primer Inggris.”

Meski pupus sudah harapannya untuk bertahan di Chelsea, pemain yang sudah bergabung bersama “The Blues” sejak 1998 ini secara mental sudah bisa menerimanya. “Saya harus bisa melupakannya dan menatap ke depan,” Terry menerangkan.

Manajemen pun pernah menjanjikan, statusnya itu bisa saja berubah jika sudah ada manajer baru. “Untuk sementara ini tidak (diperpanjang kontrak). Tapi saya ingin mengetahui jawaban yang pastinya sekarang seperti yang biasanya setiap Januari dan kadang itu membutuhkan beberapa bulan untuk kepastiannya,” ujar Terry.

Dengan begitu, pemain yang gantung sepatu di timnas Inggris ini pun sewaktu-waktu bisa langsung menandatangani kontrak dengan klub lain setelah tak ada sinyal diperpanjang kontraknya Januari ini.

“Tapi sayangnya tidak mungkin saya di Chelsea lagi. Saya tak bisa mengakhiri karier saya dengan manis di klub ini. Mungkin akan di klub lain,” ujar Terry yang awalnya berharap bisa gantung sepatu di Chelsea. Sejak awal, ia ingin memberikan segalanya dan menyelesaikan semuanya dalam kondisi 100 persen baik untuk klub.

Pemilik nomor punggung 26 itu pun sempat ditawari untuk pensiun di Chelsea jika kariernya sebagai pesepak bola telah selesai. “Kami memang sempat membicarakan soal rekam jejak saya di klub ini dan akan (ditawari) kembali untuk mengakhiri karier saya. Tapi terpenting bagi saya saat ini adalah membawa klub berprestasi di liga,” Terry menerangkan.

Menurutnya, klub akan terus berjalan dan tak ada pemain yang lebih besar dari klub yang pernah mereka bela. “Idealnya, saya sangat ingin bertahan. Tapi klub punya arah kebijakan yang berbeda saat ini. Tak diragukan lagi, mereka akan merekrut bek tengah hebat lainnya,” Terry menjelaskan.

“Saya akan kembali ke Chelsea sebagai suporter dalam beberapa tahun ke depan dengan anak-anak saya dan melihat tim ini melakukan hal hebat lainnya,” kata pemain yang mulai menjadi langganan di skuat inti Chelsea pada era Jose Mourinho sebagai manajer pada 2004 itu. Ia pun bertekad mengangkat “The Blues” berada di puncak persaingan Liga Primer Inggris untuk mengakiri kariernya di klub tersebut.

Terry memulai debutnya bersama Chelsea pada 1998, saat usianya baru memasuki 17 tahun. Total sudah sudah 14 trofi yang sukses ia persembahkan di Stamford Bridge.

cnnindonesia.com

===================================

DIY Direncanakan Bakal Jadi Pusat E-Commerce Indonesia

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY kini tengah menjajaki kerjasama e-commerce dengan sejumlah pihak. Rencananya, New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan dijadikan pusat pengiriman barang online menggantikan Jakarta.

Seperti diketahui, e-commerce merupakan perdagangan barang atau jasa melalui sistem elektronik. Kepala Bappeda DIY, Tavip Agus Rayanto mengatakan untuk menghadapi tantangan globalisasi, pihaknya tengah mendesain agar NYIA memiliki akses perdagangan berbasis IT.

Sebab di era perdagangan bebas, produk yang beredar memperhitungkan aspek ekonomis.

“Perdagangan luar negeri memperhitungkan aspek ekonomis. Maka tiap produk harus memiliki akses perdagangan berbasis IT, mengantisipasi tantangan zaman,” jelas Tavip, sapaan akrabnya kepada Tribun Jogja, Minggu (31/1/2016).

Sehubungan dengan itu, lanjutnya, inland port atau pelabuhan kering yang sempat mangkrak di sekitar NYIA akan pihaknya maksimalkan. Hal itu guna menambah daya saing DIY dalam e-commerce yang nantinya tak hanya memanfaatkan jalur udara.

Saat ini, menurut Tavip terdapat seorang investor yang tertarik untuk ikut mengembangkan e-commerce di DIY. Pun investor tersebut memiliki visi untuk menjadikan e-commerce sebagai Hak Atas Perdagangan (HAP) DIY.

“Inland port yang sebelumnya mangkrak, mereka juga mau mendampingi untuk dioptimalkan,” kata dia.

Tavip pun mengungkapkan, investor tersebut menawarkan pula produk berteknologi tinggi kepada Pemda DIY. Diantaranya seperti solar cell yang dapat mengisi baterai hp dan laptop secara otomatis, hingga produk telepon selular.

Namun demikian, diakuinya Pemda DIY tak serta merta menyetujui lantaran akan mengutamakan produk lokal. Selain karena khawatir, dibalik bantuan dari perusahaan swasta itu terdapat kepentingan.

“Pak Gubernur berpesan hati-hati. Pasar global memberikan bantuan, ditakutkan ada kepentingan di balik itu,” jelas Tavip. Investor yang ingin mengembangkan e-commerce DIY, Robby Kusumaharta mengaku akan mencoba untuk jadikan DIY sebagai pusat e-commerce. Dia pun optimis, kerjasama itu dapat berjalan di tahun ini.

“Jogja ada semua (bandara yang akan dibangun dan inland port). Kami ingin pengiriman logistik e-commerce dikirimkan dari DIY. Selama ini kan di Jakarta,” kata Robby.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono mengatakan, pengembangan e-commerce di DIY bersama investor masih dalam tahap penjajakan kerjasama. Sehingga penerapan dari kerjasama itu, pihaknya belum dapat memastikan terkait pelaksanaannya.

tribunjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 8 =