Fast Break 10 Oktober 2016 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Jokowi ke Yogyakarta, Buka KTT hingga Tinjau Dana Desa

Presiden Joko Widodo pada Senin (10/10/2016) pagi, terbang ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia I, Presiden ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri lepas landas melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

Dari siaran pers resmi Istana, Presiden bakal menghadiri empat agenda di Yogyakarta.

Pertama, Jokowi diagendakan menghadiri acara peresmian pembukaan pertemuan tingkat tinggi ‘The 2nd International Symposium on Fisheries Crime” di Gedung Agung Istana Kepresipdenan Yogyakarta.

Kedua, Presiden diagendakan meninjau program Keluarga Berencana Nasional di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul.

Setelah itu, Presiden dan rombongan bertolak ke Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul untuk menyerahkan sertifikat tanah program strategis tahun 2016.

Menutup rangkaian kunjungan kerjanya, pada Senin sore, Jokowi juga akan meninjau pelaksanaan program dana desa di Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman.

Rencananya, Presiden dan rombongan tidak bermalam di Kota Gudeg. Senin petang, Jokowi kembali ke Ibu Kota.

Turut mendampingi Presiden, yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala dan Sekretaris Militer Marsda RNI Hadi Tjahjanto.

kompas.com

=========================================================

Pengikut Dimas Kanjeng Dapat Santunan Sebesar Rp 900 Ribu

Para pengikut Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Probolinggo, Jawa Timur, menjadi perhatian Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Dia pun akan membantu mereka untuk bisa pulang ke kampungnya masing-masing.

“Kami support transportasi bagi mereka yang memutuskan pulang kampung,” ujar Mensos, seperti dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Minggu (9/10/2016)

Bukan itu saja, bahkan Mensos pun akan memberikan bantuan sosial berupa jaminan hidup (japun) kepada pengikut padepokan yang tinggal sementara di pengungsian.

“Bagi mereka yang tinggal di lokasi pengungsian akan kami berikan jadup sebesar Rp 900 ribu per orang. Dan itu hanya sekali saja,” tambah Khofifah Indar Parawansa.

Kementerian Sosial (Kemensos) bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo, dan Provinsi Jawa Timur serta kedua perusahaan pelat merah dalam menyediakan transportasi baik melalui darat, maupun laut.

“Dalam penanganan bencana alam maupun sosial, di Kemensos sudah ada Standard Operating Procedure (SOP) baku, sehingga ketika terjadi bencana personel langsung bisa bergerak dengan cepat di lapangan,” tandas Khofifah Indar Parawansa.

Tugas dan fungsi Kemensos dalam masalah ini adalah memastikan para mantan dan pengikut padepokan selama di lokasi pengungsian aman dan tercukupi kebutuhan pangan atau logistiknya.

Selain memberikan jadup, Kemensos pun menurunkan tim trauma healing, dan konseling ke lokasi pengungsian. Hal itu karena para pengikut padepokan mengalami pengalaman dan kondisi yang butuh pemulihan secara psiko-sosial.

liputan6.com

=========================================================

Jalur kereta akan hubungkan stasiun dan bandara di Solo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah berencana membangun jalur kereta api baru yang menghubungkan Stasiun Kereta Api Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo di Solo, Jawa Tengah.

Ketika meninjau Stasiun Kereta Api Solo Balapan, Minggu, Budi Karya mengatakan pemerintah masih melakukan survei untuk merencanakan pembangunan jalur kereta api tersebut.

“Survei pembangunan jalur kereta api baru untuk jurusan Stasiun Kereta Api Solo Balapan ke Bandara Adi Sumarmo diharapkan dalam waktu dekat sudah selesai dan pembangunnanya ditargetkan selesai akhir 2018,” kata Menteri Perhubungan, yang meninjau stasiun didampingi Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo

Pemerintah berharap pembangunan jalur kereta api tersebut bisa memudahkan warga menjangkau bandara dan menarik kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

“Di Solo dan daerah sekitarnya banyak objek wisata, kalau transportasinya mudah akan banyak wisatawan yang datang ke Solo dan sekitarnya,” katanya.

Usai meninjau Stasiun Kereta Api Solo Balapan, Menteri Perhubungan menuju Bandara Adi Soemarmo untuk meresmikan rute penerbangan baru Lion Air, antara lain rute Solo-Banjarmasin, Solo-Palangkaraya, Solo-Pontianak, Solo-Makassar, Solo-Lombok, Solo-Denpasar, dan Solo-Tenggarong.

antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + ten =