FAST BREAK – 12 OKTOBER 2020

FastBreak

Belanda Siap Pulangkan Lagi Pusaka RI

Belanda dikabarkan bakal mengembalikan sekitar 100.000 benda pusaka milik Indonesia yang diambil semasa penjajahan. Pengembalian tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Rijksmuseum dan Tropenmuseum di Amsterdam, tempat sejumlah pusaka tersebut kini dipajang. Satu di antara ratusan ribu pusaka yang akan dikembalikan yakni berlian 70 karat milik Sultan Banjarmasin. Barang tersebut dikuasai Belanda di akhir abad ke-19 dan kini dipajang di Rijksmuseum. Direktur Rijksmuseum, Taco Dibbits mengatakan lembaganya sudah bekerja untuk mengidentifikasi asal-usul koleksi dan struktur formal untuk pengembalian akan diterima. Sebelumnya, Maret lalu, sebuah belati bertatahkan emas diserahkan, yang kemudian dikenal di Indonesia milik Pangeran Diponegoro.

Jembatan Depan Gembira Loka Zoo Ditarget Bisa Difungsikan November

Proyek jembatan baru depan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) memasuki tahap akhir. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman DPUPKP) Kota Jogja targetkan pada November jembatan bisa difungsikan. Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyowacono menjelaskan saat ini proses pengerjaan proyek hanya tinggal sedikit. Terkait rambu-rambu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub. Sebelumnya Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Jogja, Windarto menerangkan jika rencananya kendaraan dari arah Timur ke arah Barat akan melintas jembatan yang baru. Sementara dari arah sebaliknya, kendaraan melintas di jalan yang saat ini dioperasikan.

Bioskop Jakarta Dibuka, Pihak Terkait Siapkan Film & Protokol Kesehatan

Pemprov DKI Jakarta mengizinkan bioskop beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Head of Sales and Marketing CJ CGV Cinemas Manael Sudarman, mengatakan, tak akan langsung membuka seluruh bioskopnya karena perlu memastikan sejumlah hal. Pertama, ketersediaan konten film yang akan ditayangkan. Kedua, detail aturan dan menyiapkan protokol kesehatan di gedung bioskop dapat dijalankan dengan baik. Ketersediaan konten menjadi isu penting yang perlu dihadapi para pengusaha bioskop. Pasalnya hampir di seluruh dunia, produksi film terhenti akibat Covid-19. Sementara untuk protokol kesehatan, menurut Manael, CGV perlu mendata kembali persiapan yang dibutuhkan. Termasuk apakah nantinya stan makanan dan minuman ringan akan tetap dibuka. Selain di Jakarta CGV sendiri sudah kembali membuka jaringan bioskopnya di Bandung, Jawa Barat setelah Pemerintah kota Bandung memberi izin operasional kegiatan hiburan di kota Bandung, termasuk bioskop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 3 =