FAST BREAK – 13 JULI 2020

FastBreak

Senin Dini Hari, Gempa M5,2 Berpusat di Bantul, Terasa Hingga Wonogiri dan Pacitan

Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 terjadi di Barat Daya Bantul pada Senin (13/7/2020) dini hari. Gempa tepatnya terjadi pada pukul 02.50 WIB di 105 kilometer Barat Daya Bantul. Episentrum gempa berada di kedalaman 10 kilometer dan ditasakan hingga Pacitan dan Wonogiri. BMKG memastikan gempa tersebut tikak berpotensi tsunami.

Dispar DIY Instruksikan Pembukaan Bioskop pada 29 Juli 2020

Dinas Pariwisata DIY berencana membuka kembali bioskop. Rencananya, tanggal 29 Juli nanti pengoperasionalan bioskop akan kembali dibuka.  Kepala Dispar DIY, Singgih Raharjo, dalam pernyataannya, Singgih berharap pihak pengelola bioskop agar mempersiapkan segala keperluan. Beberapa syarat juga diterangkan olehnya. Antara lain, pihak pengelola hanya diperkenankan menerima pengunjung 50 persen dari kapasitas ruangan. Kedua, penyediaan fasilitas kebersihan guna mencegah penyebaran Covid-19, di antaranya hand sanitizer, serta upaya pencegahan lain. Ia menambahkan, simulasi terkait protokol kesehatan dalam bioskop sedang dalam penyusunan. Singgih juga menekankan agar physical distancing tetap dilakukan dengan cara memberi jeda pada kursi bioskop.

Antisipasi Letusan Gunung Merapi, Pemkab Sleman akan Perbaiki Jalur Evakuasi di Wilayah Cangkringan

Kesiapan dalam menghadapi bencana di kaki gunung Merapi terus ditingkatkan. Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah jalur evakuasi. Camat Cangkringan, Suparmono menjelaskan bahwa jalur evakuasi secara keseluruhan di wilayahnya terbilang baik. Namun diakuinya bahwa ada ruas jalan yang rusak. Ia mengungkapkan, ruas jalan yang rusak justru yang berada di Kepuharjo ke Wukirsari. Jalur evakuasi ini akan diperbaiki secara bertahap. Sementara itu, terkait kesiapan warga dalam menghadapi bencana Merapi, Suparmono menyatakan bahwa masing-masing desa sudah ada rencana kontijensi erupsi Merapi. Kesiapan lainnya adalah terkait barak pengungsian. Camat Cangkringan mengatakan bahwa tiap desa sudah memiliki barak yang sewaktu-waktu siap dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − eight =