FAST BREAK – 15 JULI 2020

FastBreak

Belasan Orang Jadi Korban Akibat Banjir Bandang di Masamba, Sulawesi Selatan

Curah hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa minggu terakhir menyebabkan banjir bandang di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/2020). Akibat terjangan banjir tersebut, ribuan rumah warga diketahui rusak dan tenggelam. Dari laporan sementara pada Selasa (14/7/2020), banjir tersebut juga menyebabkan belasan orang tewas dan puluhan orang hilang. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Makassar, Mustari mengatakan, akibat terjangan banjir bandang itu tercatat 13 orang ditemukan dalam kondisi sudah tewas. Jenazah tersebut saat ini telah dievakuasi petugas ke Rumah sakit Umum Daerah Masamba dan Rumah Sakit Hikmah. Tak hanya itu, sebanyak 46 orang juga dilaporkan hilang dalam musibah tersebut. Hingga saat ini petugas gabungan dari Pemkab, BPBD, Basarnas, PMI, Tim Sar Brimob, TNI dan polisi masih berupaya melakukan evakuasi warga di daerah tersebut.

Hujan Masih Akan Ada di Musim Kemarau Tahun Ini di DIY

Musim kemarau tahun ini diprediksi masih akan disertai hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi musim kemarau tahun ini akan cenderung lebih basah dibandingkan tahun sebelumnya. Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) Mlati Reni Kraningtyas mengatakan, puncak musim kemarau tahun ini akan terjadi pada Agustus mendatang. Meski begitu, musim kemarau akan terus berlangsung sampai pertengahan Oktober. Reni menuturkan, masyarakat tetap perlu mewaspadai cuaca yang lebih panas di musim kemarau ini. Menjaga daya tahan tubuh agar tidak dehidrasi juga diperlukan untuk mengantisipasi Covid-19 yang juga belum usai.

Kunjungan Wisatawan di DIY Mulai Meningkat, Protokol Kesehatan Diperketat

Beberapa pekan terakhir, kunjungan wisatawan ke Yogyakarta mulai mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari mulai banyaknya wisatawan yang mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Yogya serta banyaknya bus yang mulai parkir di tempat khsusus parkir (TKP) di Kota Yogyakarta. Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Imanuddin Aziz mengatakan bus pariwisata sudah masuk sejak minggu lalu. Dengan meningkatnya pariwisata Kota Yogyakarta, pihaknya memastikan protokol kesehatan tetap berjalan. Ia meminta pengelola parkir untuk memperbanyak tempat cuci tangan dan pengadaan thermo gun, termasuk melakukan pengecekan surat kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =