FAST BREAK – 15 OKTOBER 2020

FastBreak

Jalur Kereta Bandara YIA Ditargetkan Rampung Juli 2021

Pembangunan jalur kereta api sebagai akses dari dan menuju bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kapanewon Temon, Kabupaten Kulonprogo, ditargetkan rampung pada Juli 2021 mendatang. Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik, mengatakan, progres pembangunan jalur kereta api tersebut pada pekan lalu sudah mencapai 51%. Pihaknya kini sedang berfokus pada pembangunan konstruksi struktur elevated dan pemasangan pilar serta pondasi rel. Sementara itu warga terdampak pembangunan rel bandara kini menempati rumah khusus yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Dusun Siwates, Kaligintung Temon.

Pemkot Yogya Siapkan Tarif Sewa untuk Ruang dan Fasilitas Rooftop Pasar Prawirotaman

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta masih berupaya menyiapkan peraturan mengenai tarif sewa ruang, atau fasilitas di rooftop Pasar Prawirotaman. Selaras dengan prosedur, skema tersebut bakal diatur melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) Yogyakarta. Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pusat Bisnis Disperindag Kota Yogyakarta, Sri Riswanti mengatakan, pelaku ekonomi yang hendak beraktivitas di sana, diharuskan mengajukan permohonan terlebih dahulu, karena ada tarif sewa yang sejauh ini tengah disusun oleh pihaknya. Lebih lanjut, beliau mengatakan, sesuai target awal, pengerjaan fisik bakal terselesaikan 28 November mendatang. Namun, para tennant baru menempati anjungan setelah rooftop di-launching.

Akhir Oktober KRL Yogya-Solo Beroperasi

Pengoperasian kereta rel listrik (KRL) Yogya-Solo direncanakan pada akhir Oktober 2020. Sehingga, dengan adanya penambahan jalur kereta diperkirakan bakal membuat lalu lintas rel semakin padat. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan dengan bertambahnya jalur kereta masyarakat harus lebih mawas diri apabila melintasi rel. Ia menambahkan, dalam kondisi normal lalu lintas kereta api dalam sehari bisa mencapai 180 perjalanan. Tentunya angka ini akan meningkat seiiring ditambahkannya jalur bagi KRL. Nantinya, operasionalnya KRL masih untuk Yogya-Klaten dulu. Setelah itu, akhir Desember akan diperluas hingga ke Solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =