FAST BREAK – 18 AGUSTUS 2020

FastBreak

Pemkot Yogya Peringati HUT RI ke-75 dengan Program Gebrak Masker

HUT RI ke-75 diperingati oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dengan kegiatan Gebrak Masker di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Senin (17/8/2020). Sedikitnya 28 ribu masker dibagikan di pasar tradisional terbesar di Bumi Mataram tersebut. Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, Gebrak Masker merupakan gerakan bersama pakai masker, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kedisiplinan penerapan protokol kesehatan, dimana masker menjadi salah satu elemen yang terpenting. Sebagai tindakan nyata, Pemkot bersama dengan TP-PKK Kota Yogya berupaya memproduksi masker scuba secara besar-besaran, supaya bisa dibagikan kepada masyarakat.

Mubeng Beteng Ditiadakan, Paguyuban Abdi Dalem Ajak Doa Bersama

Paguyuban Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat menginformasikan bahwa menyambut Tahun Baru 1954 Jimakir, Rabu (19/8/2020), tidak ada tradisi Mubeng Beteng. Pangarsa Paguyuban Abdi Dalem Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, KMT Projosuwasono, mengimbau kepada masyarakat untuk menyelenggarakan acara Tanggap Warsa di rumah masing-masing dengan memanjatkan doa. Ia mengajak pula seluruh warga DIY untuk berdoa supaya wabah virus corona segera berakhir sehingga semuanya kembali normal. Mubeng Beteng merupakan tradisi berjalan kaki mengitari beteng Keraton Yogyakarta sambil membisu atau tanpa bicara.

Pendakian Merapi Ditutup, BTNGM Yogyakarta Perketat Pangawasan hingga 22 Agustus

Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Yogyakarta masih menutup jalur pendakian. Hal itu mengingat status Gunung Merapi yang dinyatakan Waspada sejak 21 Mei 2020 lalu. Kepala BTNGM Yogyakarta, Pujiati mengatakan pihaknya masih menjaga ketat jalur pendakian, khususnya pada 15-22 Agustus 2020. Penjagaan tersebut berkaitan dengan perayaan HUT RI ke 75 dan Libur 1 Muharram. Tak dapat dipungkiri Gunung Merapi masih menjadi salah satu destinasi pendakian yang memiliki peminat yang tinggi. Ada dua jalur pendakian yanh menjadi pengawasan BTNGM Yogyakarta, yaitu Jalur Selo, Boyolali dan Jalur Sapuangin,Kemalang, Klaten.

 

credit :

https://jogja.tribunnews.com/diy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =