Fast Break 2 September 2014 jam 17.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Kemenag Luncurkan Aplikasi Khusus Ibadah Haji

haji (1)

Musim haji telah tiba, jemaah haji dari Indonesia bersiap berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah tersebut. Kementerian Agama (Kemenag) merilis aplikasi khusus ibadah haji untuk mempermudah para jemaah melaksanakan ibadah tersebut.

Aplikasi manasik haji dan umroh ini bisa digunakan di perangkat mobile  seperti smartphone dan tablet. Para jemaah haji asal Tanah Air yang mulai berangkat dari tanggal 1 September 2014 diharapkan dapat lebih mudah mengakses info seputar haji.

Aplikasi yang merupakan kerjasama Kemenag dan Pusat Kajian Hadis tersebut secara resmi tersedia untuk pengguna perangkat mobile berbasis Android. Berbagai bentuk panduan digital yang berasal dari buku manasik terbitan Kemenag sudah tersedia di aplikasi mobile itu.

Seperti yang diwartakan Antara, aplikasi itu memberikan informasi yang cukup lengkap sebagai panduan bagi jamaah haji. Selain itu ada pula tambahan gambar dan audio yang dapat membuat para jemaah lebih mudah dalam mengakses info dan panduan dalam beribadah haji.

Secara detil, aplikasi ini berisi bab besar mengenai Ketentuan dan Hikmah Haji/Umrah, Pelaksanaan Manasik Haji dan Umrah, Prosedur Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah, Doa dan Dzikir, Tanya Jawab Manasik Haji dan Umrah.

Bahkan, tambahan informasi terkait informasi seputar tempat ziarah di Tanah Suci juga tersedia secara lengkap di aplikasi yang baru diluncurkan Kemenag tersebut. aplikasi itu juga menyajikan informasi mengenai tempat ziarah di Tanah Suci.

Akan tetapi, ketika dicoba pada smartphone lokal aplikasi ini masih terbilang belum sempurna. Saat masuk ke artikel atau materi, seringkali tidak bisa langsung kembali ke menu sebelumnya. Pengguna harus kembali lagi ke menu utama jika ingin melihat artikel lainnya.

liputan6.com

================================================================================

Sudah Gelar Perkara, KPK Segera Umumkan Status Hukum Jero Wacik

Komisi Pemberantasan Korupsi segera mengumumkan status hukum Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. KPK telah melakukan ekspose atau gelar perkara terkait dugaan keterlibatan Jero dalam proyek pengadaan di Kementerian ESDM yang tengah diselidiki KPK.

Jika menemukan dua alat bukti yang cukup, maka KPK akan menetapkan tersangka dan meningkatkan penanganan kasus itu ke tahap penyidikan.

“Ekspose sudah dilakukan dan segera akan diumumkan hasilnya. Saya menduga, minggu ini akan diumumkan,” kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto melalui pesan singkat, Selasa (2/9/2014).

Mengenai status hukum Jero setelah ekspose, Bambang belum bisa mengungkapkannya.

“Yang bisa dikonfirmasi hanya jadwal pengumuman hasil ekspose saja dulu. Saya lupa tepatnya (jadwal pengumuman ekspose), tetapi pekan lalu,” ujar dia.

Penyelidikan terkait proyek pengadaan di Kementerian ESDM ini merupakan hasil pengembangan proses penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan di Sekretariat Jenderal ESDM yang menjerat mantan Sekretaris Jenderal ESDM, Waryono Karno.

Tim penyelidik KPK telah meminta keterangan Waryono terkait penyelidikan baru ini. KPK juga telah meminta keterangan Jero dan istrinya, Triesnawati Jero Wacik, terkait penyelidikan yang sama.

Lembaga antikorupsi itu juga telah meminta keterangan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa.

Seusai dimintai keterangan KPK beberapa waktu lalu, Jero mengaku diajukan pertanyaan seputar dana operasional menteri (DOM).

Masalah DOM di Kementerian ESDM ini menjadi salah satu fokus penyelidikan KPK. Diduga, ada penyalahgunaan DOM di Kementerian ESDM. Menurut Jero, DOM tersebut diperoleh setiap bulan, dan anggarannya sudah disediakan dalam APBN.

Jero juga mengatakan, ada surat keputusan dari Menteri Keuangan terkait DOM tersebut. Namun, Jero tidak mau menyebutkan berapa jumlah DOM yang diterima di tiap-tiap kementerian 

Selain itu, Jero mengaku diajukan pertanyaan seputar dugaan penyimpangan dana di Kementerian ESDM dari tahun 2010 hingga 2013. Namun, dia mengaku baru menjabat Menteri ESDM pada Oktober 2011 sehingga tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam Kementerian ESDM pada medio 2010 hingga Oktober 2011.

kompas.com

================================================================================

Kemendag Anggarkan Rp 2,38 T untuk 10 Program 

Kementerian Perdagangan mengusulkan pagu anggaran untuk 2015 di hadapan Komisi VI DPR sebesar Rp 2,38 triliun. “Adapun pagu anggaran itu dialokasikan untuk membiayai sepuluh program,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan dengan Komisi VI DPR di gedung DPR RI, Senin malam, 1 September 2014.

Alokasi Rp 2,38 triliun ini disasarkan pada sepuluh program yang sama seperti pada tahun 2014 ini. Program-program ini, di antaranya, meliputi Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri sebesar Rp 668 miliar dan Peningkatan Perdagangan Luar Negeri sebesar Rp 236 miliar. (Baca: Kemendag Ngotot Beras Vietnam Ilegal.) Selain itu, Pengembangan Ekspor Nasional Rp 267 miliar, Peningkatan Kerja Sama Perdagangan Internasional sebesar Rp 119,8 miliar, dan Peningkatan Efisiensi Pasar Komoditas sebesar Rp 83,5 miliar.

Di luar anggaran sepuluh program ini, Kementerian mengusulkan adanya dana sebesar Rp 4,6 triliun khusus dialokasikan untuk pembangunan 5.000 pasar pada lima tahun ke depan. Lutfi ingin anggaran ini mulai dialokasikan pada 2015 nanti.

Anggaran 2015 masih lebih kecil ketimbang anggaran yang disetujui tahun 2014 lalu, yaitu sebesar Rp 2,7 triliun, dengan meliputi sepuluh program yang sama. (Baca: Siasat Produsen Tempe Bayar Impor Kedelai)

Sampai Juli tahun 2014 ini, dari anggaran Rp 2,7 triliun, baru 38 persen atau sekitar Rp 901 miliar yang direalisasikan. Untuk 2013, penyerapan atau realisasi anggaran sebesar Rp 91,35 persen atau sekitar Rp 2,7 triliun dari total yang dianggarkan sebesar Rp 2,96 triliun.

Ketua Komisi VI DPR Airlangga Hartarto pun menyatakan memahami dan menerima usulan anggaran Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp 2,38 triliun. “Selebihnya akan dibahas ke Badan Anggaran (untuk penyetujuan),” ujarnya.

tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 3 =