Fast Break 20 November 2015 jam 14.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

fb siang

Singapura Jadi Negara Terkaya di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Lembaga penelitian Legatum Institute dari Inggris merilis Prosperity Index yang memuat peringkat kemakmuran suatu negara yang didasarkan pada beberapa penilaian, seperti tingkat ekonomi, kewirausahaan, kesehatan, pendidikan, dan pendapatan rata-rata per kapita dari penduduk negara tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman Irish times, Jumat (20/11/2015), Singapura didapuk menjadi negara terkaya di dunia versi survei Legatum Prosperity Index.

Dengan pendapatan per kapita terbesar kedua di dunia sebesar US$ 240.750 yang setara dengan Rp 3,3 miliar, negeri Singa ini berhasil merajai peringkat sebagai negara dengan tingkat ekonomi terbaik di dunia. Singapura juga mampu menempati peringkat negara termakmur ke-17 dari 142 negara lainnya.

Perekonomian Singapura sebagian besar ditopang dari industri ekspor. Rata-rata produk ekspor asal Singapura digolongkan sebagai produk dengan kualitas tinggi sehingga dapat merajai pasar internasional.

Menurut daftar tersebut, Singapura juga berhasil mengalahkan beberapa negara besar lain seperti Swiss dan China di bidang ekonomi.

Survei yang dilakukan tiap tahun ini juga mengungkap bahwa Indonesia berhasil menjadi negara yang menunjukkan perkembangan paling signifikan di kawasan Asia sejak 2009.

Indonesia berhasil memanjat 21 peringkat yang sebelumnya berada di peringkat 85. Perkembangan ini diakibatkan tingkat ekonomi Indonesia yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Survei tersebut menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi ke-23 dalam hal perekonomian sementara kesempatan lapangan kerja pun meningkat ke posisi 23.

Secara keseluruhan, Indonesia berada di peringkat ke-69 dalam hal kemakmuran dan mengalahkan beberapa negara Asia Tenggara lain seperti Filipina di peringkat 74, Laos di peringkat 95, dan Kamboja di peringkat 112.

liputan6.com

====================================

Kemenpora Segera Bentuk Lembaga Pemodalan untuk Dukung Pemuda Berwirausaha

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) segera membentuk Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LKPK).
Lembaga permodalan ini ditujukan khusus untuk membantu akses modal bagi pemuda untuk dapat mandiri berwirausaha.

“Nantinya Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LKPK) yang akan dibentuk ini, dapat membantu mereka pemuda-pemuda kita yang ingin berwirausaha namun memiliki keterbatasan modal,” ujar Ponijan Puspodiharjo, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Kamis (19/11/2015).

Ponijan menuturkan, dasar pembentukan LPKP ini merujuk pada PP No. 60 Tahun 2013, sebagai tindak lanjut dari amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Pemerintah melalui LPKP akan memberikan dukungan finansial sebesar 25 Juta Rupiah untuk Wirausaha Muda Pemula, dan Rp 50 juta untuk Sentra Kewirausahaan Pemuda.

Mekanisme pelaksanaan, dimulai dari penyaluran bantuan dana melalui LPKP. Tim akan melakukan verifikasi, dan survey usaha, sehingga hibah bisa bergulir. “Bantuan Asdep Kemenpora, nanti LKPK yang menyeleksi, kalau lolos proposal, tinjau ke lapangan, sehingga hibah dapat disalurkan,” ujar Ponijan.

Ia menambahkan, pemuda tak hanya diberikan modal untuk berwirausaha saja, namun juga diberikan pembinaan kewirausahaan melalui akses modal di berbagai bidang seperti bidang kelautan, perikanan, pertanian sampai industri kreatif.
“Pembinaan juga diberikan, tentunya dibanyak bidang usaha, seperti di perikanan, pertanian, industri kreatif, dan usaha-usaha lainnya,” ujar Ponijan.

tribunjogja.com

==================================

Harga Tiket Reguler El Clasico Mencapai Rp10 Juta

Para pecinta sepak bola yang ingin menyaksikan langsung laga Real Madrid kontra Barcelona, Minggu 22 November mendatang, dipastikan harus merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya, harga rata-rata tiket tersebut sudah mencapai 659 euro atau hampir Rp10 juta.

Laga bertajuk El Clasico tersebut memang selalu dinanti seluruh pecinta sepak bola di dunia. Selain menampilkan tontonan yang menarik, kedua tim juga sama-sama bertabur pemain bintang. Pertemuan nanti bakal makin dramatis karena merupakan pertandingan perdana kedua tim di musim 2015–2016.

Informasi naiknya harga tiket El Clasico itu sendiri datang langsung dari CEO penjualan tiket online Ticketbis, Ander Michelena. Harga tiket memang dibedakan tergantung kelas yang diinginkan, namun bisa dirata-ratakan mencapai 659 euro (hampir Rp10 juta) per lembar.

“Untuk saat ini, kami patok permintaan dari para fan di seluruh planet dengan harga rata-rata 659 euro (hampir Rp10 juta),” kata Michelena mengutip sportmole.

Sementara itu, seperti dilansir AS, harga tiket El Clasico untuk kelas VIP malah bisa dibilang lebih mahal lagi, yakni mencapai 2000 poundsterling atau setara dengan Rp42 juta per lembar.

metrotvnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − four =