Fast Break 20 September 2016 jam 17.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

whatsapp

Diperbarui, WhatsApp Punya Fitur “Mention” Teman

Lama dinanti, WhatsApp akhirnya merilis fitur mention dalam percakapan di grup. Fitur “mencolek” teman ini tersedia di WhatsApp versi 2.16.272 untuk Android dan iOS.

Pantauan KompasTekno, Selasa (20/9/2016), pengguna WhatsApp di iOS dan Android yang sudah memperbarui aplikasi bisa menjajal fitur tersebut mulai hari ini. Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur mention tersebut?

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter “@” (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol “@” di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

Untuk percakapan personal, fitur mention tidak tersedia karena sudah merupakan percakapan langsung. Fitur mention juga belum tersedia di WhatsApp versi web.

Dengan fitur ini, pengguna menjadi lebih awas jika ia “dicolek” dalam grup percakapan. Sebab, meski grup tersebut di-mute (mode senyap), bunyi notifikasi akan tetap muncul.

Hadirnya fitur mention di grup percakapan WhatsApp sebelumnya sudah pernah bocor sejak Juni 2016 lalu saat masih dalam pengembangan oleh WhatsApp.

Namun, saat itu, belum diketahui apakah nama kontak akan muncul secara autocomplete dari daftar nama grup atau pengguna harus memasukkan dengan manual.

Dikutip KompasTekno dari Phoneradar, Selasa (20/9/2016), selain fitur mention, WhatsApp dalam waktu dekat juga akan merilis fitur panggilan telepon video (video call). Langkah ini diambil WhatsApp untuk menyaingi Google yang telah merilis Duo lebih dahulu.

Namun, untuk fitur video call ini, pengguna iOS kabarnya bakal menikmatinya lebih dahulu daripada Android.

kompas.com

===========================================================

Warna Paspor Indonesia Resmi Diperkenalkan

Paspor Indonesia kini sudah tak lagi berwarna hijau tua. Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Heru Santoso, membenarkan perubahan warna paspor Indonesia yang kini berwana hijau toska.

“Sebenarnya bukan baru ganti. Perubahan warna itu sudah lama dari awal tahun. Sekarang warnanya hijau toska,” ungkap Heru, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Selasa (20/9/2016).

Heru menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengenalan dan rilis mengenai perubahan warna paspor Indonesia sejak akhir 2015. Namun, karena di setiap kantor keiimigrasian masih tersedia stok paspor Indonesia yang lama jadi, paspor baru ini belum dipakai.

“Ini sudah lama sebenarnya, tapi karena stok di kantor imigrasi masih ada jadi masih dipakai yang lama. Kalau yang baru mungkin baru-baru ini beredar di masyarakat,” tegas Heru.

Sebelumnya diketahui, paspor Indonesia berwarna hijau tua dengan logo Garuda berwarna emas di sisi kanan atas. Sedangkan paspor yang baru berwarna hijau toska dan agak kebiruan dengan logo Garuda lebih besar dengan tinta emas tepat di tengah.

Heru Santoso juga mengatakan paspor yang baru memuat flora dan fauna, serta kebudayaan Indonesia di tiap lembarnya. “Di paspor yang baru diembos gambar flora dan fauna, ada juga wayang dan angklung di tiap lembarnya,” ungkap Heru.

Selain itu, lanjut Heru, paspor baru juga memiliki tingkat keamanan dan keaslian yang lebih baik daripada sebelumnya. “Tingkat kemanan untuk menjamin keasliannya juga lebih baik dari sebelumnya,” tegasnya.

harianjogja.com

========================================================

Perpustakaan SMP Muh 2 Terbaik di Kota Yogya

Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta meraih juara 1 tingkat Kota Yogyakarta Perpustakaan terbaik Sekolah Swasta tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Penerimaan Tropy diserahkan Walikota Drs. Haryadi Suyuti kepada Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta Hj. Nilawati Isdwiantari, S.Pd. dihalaman Balai Kota Senin, (19/06/2016). Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun 2014 telah menerima sertifikat Akreditasi dari Perpustakaan Nasional dengan Nilai A. Melalui pengakuan dari Perpusnas ini maka perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sesuai dengan standar Nasional.

Adapun perinngkat Juara adalah sebagai berikut : Untuk SMP/M.Ts. Negeri adalah : Juara 1 M.Ts. Negeri 2 Yogyakarta dengan nilai 882, Juara II adalah SMP Negeri 5 Yogyakarta dengan nilai 872 dan Juara III adalah SMP Negeri 6 Yogyakarta dengan nilai 818.

harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − seven =