FAST BREAK – 22 JUNI 2020

FastBreak

Gempa Pacitan 5.0 M Turut Getarkan Beberapa Daerah

Gempa bumi bermagnitudo 5,0 terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Senin dini hari. Gempa Pacitan tercatat ikut menggetarkan beberapa daerah di sekitarnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dikutip Antara melalui laman resminya menyatakan lokasi gempa yang terjadi pada pukul 02.33 WIB dan pusat gempa berada di laut 107 kilometer baratdaya Pacitan. Getaran gempa dirasakan sampai Yogyakarta, Bantul, Sleman, Wonogiri, Tulungagung, dan Karangates dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI). Sementara itu, dalam skala II MMI getaran gempa dirasakan sampai Nganjuk, Trenggalek, Purworejo, Ponorogo, Banjarnegara, dan Purwokerto.

 

Dinas Kebudayaan Sleman Susun SOP Seni Budaya untuk Hadapi Fase New Normal

Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman tengah menyusun standard operating procedure (SOP) agar kegiatan seni dan budaya dapat ditampilkan saat new normal. Sekretaris Disbud Sleman, Edy Winarya, mengungkapkan selama pandemi Covid-19, hampir tidak ada kegiatan atraksi seni dan budaya yang mengundang kerumunan di Sleman, termasuk kegiatan yang didanai oleh Dana Keistimewaan (Danais). Ia menambahkan SOP tersebut harus sudah selesai disusun pada akhir Juni ini. Ia menyatakan kegiatan Disbud yang digelar harus dan wajib memenuhi protokol kesehatan. SOP tersebut akan menjadi pedoman bagi semua kegiatan kebudayaan baik yang didanai oleh APBD maupun oleh Danais.

 

Scan Kode QR di Malioboro Masih Diabaikan Pengunjung

Penerapan sistem zonasi di Malioboro nampaknya masih belum dilakukan dengan ketat. Pasalnya, masih banyak pengunjung yang tidak melakukan pencatatan diri melalui scan QR code yang disediakan di sejumlah titik dari Malioboro dan Titik Nol Yogyakarta di pekan ketiga Juni ini. Beberapa pengunjung mengatakan bahwa saat sampai di malioboro, tidak ada petugas yang berjaga di pintu penjagaan selatan. Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta, Agus Winarto mengatakan Jalur Malioboro sisi timur disediakan bagi pejalan kaki yang berasal dari arah Selatan menuju ke Utara. Sedangkan, jalur pedestrian di sisi barat diperuntukkan bagi pejalan kaki dari Selatan ke Utara.

 

credit :

https://www.cnnindonesia.com/ – https://jogja.tribunnews.com/diy – https://jogjapolitan.harianjogja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =