Fast Break 22 September 2014 jam 14.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Trans Jogja Akan Bersinergi dengan Trem

trem

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Daerah Istimewa Yogyakarta Didik Purwadi mengatakan pihaknya tengah mengkaji pembangunan kereta dalam kota atau trem di Yogyakarta. Proyek itu bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan .

“Nantinya, trem itu bersinergi dengan bus Trans Jogja. Misalnya turun di stasiun kota terus ganti Trans Jogja,” kata Didik kepada Tempo, Ahad, 21 September 2014. Untuk tahap pra studi kelayakan proyek trem, disiapkan dana Rp 200 juta.

Moda transportasi massal Trans Jogja pun, menurut Didik, akan dikembangkan pada 2015 melalui proyek New Trans Jogja. Bentuk pengembangannya antara lain dengan menambah jumlah bus menjadi 167 unit maupun penambahan jalur menjadi 22 rute. Jalur tersebut meliputi 17 jalur untuk Trans Jogja dan 5 jalur untuk bus perkotaan regular yang masih beroperasi.

Penerapan Trans Jogja sudah dilakukan sejak 2007. Sedangkan pada 2000, sudah dikaji rencana pembuatan jalur outer ring road. Jalur tersebut dikhususkan untuk kendaraan yang benar-benar akan masuk ke Yogyakarta, bukan sekedar lewat. Apabila hanya lewat, maka melalui jalur lingkar yang saat ini sudah ada. “Tapi itu belum dilakukan karena terkendala pembebasan lahan,” kata Didik.

Penguraian kemacetan melalui rekayasa jalur yang sudah dilakukan adalah pembangunan jembatan layang (flyover) di perempatan jalur lingkar utara Jombor. Jalur itu untuk memecah kemacetan dari Surakarta – Purworejo – Magelang

tempo.co

========================================================================================

Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Tersingkir

Tim bulu tangkis putra Indonesia kandas di perempat final nomor beregu Asian Games 2014. Dalam pertandingan yang berlangsung di Gyeyang Gymanisum, Incheon, Korea Selatan, Ahad, 21 September 2014, Indonesia menyerah 1-3 dari Taiwan.

Tommy Sugiarto, yang diandalkan untuk merebut poin pembuka bagi Indonesia, langsung kalah di pertandingan pertama. Dia ditaklukkan Tien Chen Chou, pemain dengan peringkat 14 dunia, dengan skor 13-21, 21-19, 21-14. Tommy, yang saat ini berada di peringkat lima dunia, mengaku kurang berkonsentrasi dalam pertandingan tadi.

Satu-satunya poin Indonesia diambil pasangan ganda yang pernah meraih gelar juara dunia, hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Mereka menaklukkan Chia Hsin Tsai/Sheng Mu Lee, 21-19, 21-18. Di partai ketiga, pebulu tangkis muda Jonatan Christie dikalahkan Jen Hao Hsu dari Taiwan dua set langsung, 21-15, 21-17.

Di partai penentuan, pasangan ganda Angga Pratama/Rian Agung Saputra gagal menyelamatkan Indonesia. Mereka ditaklukkan Hung Ling Chen/Min Chun Liao, 21-17, 21-18. Menurut Angga dirinya kurang fokus dalam pertandingan ini. “Di poin-poin kritis saya banyak melakukan kesalahan.” ujarnya.

Manajer tim Lius Pongoh mengatakan kekalahan tim beregu ini salah satunya dikarenakan tidak hadirnya Simon Santoso, yang batal berangkat karena diserang demam berdarah. “Apa boleh buat, di nomor tunggal kami hanya mengharapkan Tommy, tapi dia kalah,” kata dia. “Jonatan dan Ihsan (Maulana Mustofa) tidak bisa diharapkan.”

Menurut Lius, pertandingan yang dimainkan Tommy adalah kunci. “Tommy kalah, berat,” tuturnya. “Seharusnya ada dua peluru, Simon dan Tommy. Jadi kalau Tommy kalah, masih ada Simon.”

tempo.co

========================================================================================

Mesir Tuan Rumah Perundungan Israel-Palestina

Mesir Selasa akan menjadi tuan rumah perundingan tidak langsung antara Palestina dan Israel yang bertujuan untuk mencapai pemahaman komprehensif dan perjanjian permanen mengenai berbagai isu.

Putaran pembicaraan ini adalah sebagai bagian dari upaya Mesir untuk membangun keberhasilan mediasi dalam perjanjian gencatan senjata di Jalur Gaza, yang ditandatangani oleh kedua pihak pada 26 Agustus, kata Kementerian Luar Negeri Mesir dalam satu pernyataan, Ahad (21/9).

Putaran pembicaraan ini juga dilakukan dalam rangka upaya memperkuat perjanjian gencatan senjata dan memastikan tidak adanya lagi konfrontasi atau hilangnya nyawa tak berdosa di masa depan, tambahnya.

Menurut laporan AFP dari Ramallah, Wilayah Palestina, perundingan-perundingan tak langsung antara delegasi Israel dan Palestina mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza akan dilanjutkan Rabu di Kairo, kata para pejabat Palestina dan Mesir Sabtu.

Pada 26 Agustus, kedua pihak sepakat gencatan senjata yang mengakhiri 50 hari konflik mematikan di wilayah kantung itu dan memberikan kesempatan untuk dimulainya kembali perundingan dalam sebulan untuk membahas isu-isu yang belum terselesaikan.

Ini termasuk pembangunan pelabuhan dan pemulihan bandara di wilayah itu, dan bertukar tahanan Palestina untuk sisa-sisa tentara Israel.

Pembicaraan langsung antara Israel dan delegasi dari semua kelompok Palestina akan didahului dengan pembicaraan antara dua kelas berat politik Palestina, pemimpin Fatah
Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Hamas.

“Mesir telah mengundang delegasi Palestina dan Israel untuk melanjutkan pembicaraan di Kairo pada 24 September,” kata seorang pejabat Palestina.

republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =