FAST BREAK – 27 OKTOBER 2020

FastBreak

Operasi Zebra 2020, Polda DIY Prioritaskan Penjagaan di Jalur Wisata

Ditlantas Polda DIY akan mengintensifkan penjagaan di sejumlah titik wisata dalam operasi zebra 2020 yang digelar pada 26 Oktober 2020 sampai 8 November 2020. Ditlantas Polda DIY, AKBP Iwan Saktiadi, mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan keselamatan, keamanan lalu lintas dengan meningkatkan kesadaran para pengemudi atau pelaku lalu lintas. AKBP Iwan mengucapkan, operasi ini juga digelar bersamaan dengan momentum libur panjang, pada Rabu, 28 Oktober hingga 1 November 2020 besok. Diprediksikan, saat libur panjang tersebut banyak pengunjung yang datang ke Yogyakarta baik yang pulang kampung ataupun berlibur. Pihaknya juga telah mempersiapkan personel yang berjaga setiap pos pelayanan di Polres serta jajaran lain. Pada operasi kali ini ada berbeda dengan operasi zebra sebelumnya, olri lebih mengutamakan kepada tindakan penekanan penyebaran virus corona. Sehingga yang menjadi target pada operasi ini bukan hanya menurunnya angka kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Operasi ini juga menargetkan turunnya angka penyebaran Covid-19 di Yogyakarta.

Dapat Lampu Hijau dari Pemkot Yogya, Bioskop di Kota Yogyakarta Bisa Beroperasi Kembali

Pembukaan bioskop yang barangkali sudah ditunggu para pencinta film Jogja mulai menemukan jawabannya. Saat ini dua bioskop di Kota Jogja tengah menjalani verifikasi agar bisa beroperasi sesuai protokol kesehatan selama pandemi. Kepala Bidang Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Jogja, Edi Sugiharto menjelaskan jika dua bioskop di Kota Jogja saat ini telah menjalani verifikasi dan tinggal menunggu hasilnya. Selain pembatasan kuota, beberapa protokol khusus yang wajib ditaati pengelola bioskop sesuai dengan rekomendasi WHO adalah terkait alur keluar masuk yang wajib diatur oleh petugas. Sehingga, penonton tidak bisa bergerombol saat hendak masuk, atau keluar dari ruang theater. Dijelaskan Edi, tim verifikasi juga sempat menjajal langsung fasilitas Kode QR yang ada di bioskop. Dikatakan Edi pihak bioskop telah memiliki kode QR yang secara otomatis mencatat nama, alamat, dan nomor telp.

Mobil Tes Swab Milik Pemkab Bantul Datang, Bisa Layani 126 Orang per Hari

Mobil layanan tes PCR yang dibeli Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul tiba di Bantul, Rabu (28/10/2020) mendatang. Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja, mengatakan, mobil PCR tersebut akan melayani tes untuk 126 orang per hari dan dilengkapi dua alat pemeriksaan. Mobil tersebut juga memiliki teknologi termutakhir yang bisa langsung mengoneksikan data dari pasien dengan nomor induk kependudukan dan nomor handphone pasien yang diuji. Sementara itu, Plt Asisten Sekretaris Daerah (Asek) I Pemkab Bantul Hermawan Setiaji mengatakan mobil PCR ini diharapkan mempercepat analisis sampel untuk mengetahui penyebaran Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 2 =