Fast Break 29 Agustus 2014 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Balai Konservasi Borobudur Akan Jadi Pusat Studi Nasional

borobudur

Balai Konservasi Borobudur (BKB) di kompleks Taman Wisata Candi Borobobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, disebut tidak lama lagi akan menjadi pusat studi dan pelatihan skala nasional.

“BKB nantinya akan dijadikan pusat konservasi bangunan, tidak hanya bangunan batu saja tetapi keseluruhan, seperti kayu, bata, dan yang lain,” kata Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Harry Widianto, dalam seminar 200 tahun Penemuan Candi Borobudur dan peluncuran buku Trilogi Borobudur, di Magelang, Kamis (28/8/2014).

Perubahan “status” BKB ini, ujar Harry, dilakukan berbarengan dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran. Dia mengatakan, kedua situs dinilai layak menjadi pusat kajian tingkat nasional dan ASEAN, dari 14 UPT yang ada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Dua tempat ini sudah mengalami proses yang cukup panjang untuk dijadikan sebagai tempat kajian skala nasional. Pada 1995, BKB sempat dijadian tempat pelatihan training konservasi bangunan batu se ASEAN,” papar Harry.

Rencana tersebut disambut positif oleh Kepala BKB, Marsis Sutopo. Sampai saat ini, BKB menjadi satu-satunya balai konservasi di Indonesia. BKB juga telah menjadi tempat studi, kajian, dan pelatihan bagi tenaga ahli batu, kayu, bata logam, dan bahan keramik.

“Namun untuk mendukung rencana itu pastinya memerlukan peningkatan sarana dan prasarana,” kata Marsis. Menurut dia, perlu pula ada penambahan dan peningkatan sumber daya manusia. “Misalnya, kami masih belum punya tenaga ahli di bidang kertas dan kain,” kata dia.

kompas.com

================================================================================

Tim Transisi Bakal Temui Tiga Menteri

Deputi Tim Transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto, menyatakan timnya akan menyambangi tiga kementerian setelah presiden terpilih Jokowi bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu lalu. Pertemuan itu membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2015.

“Tiga menteri itu adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, dan Menteri Koordinator Perekonomian,” kata Hasto ketika ditemui di Rumah Transisi, Kamis, 28 Agustus 2014.

Hasto mengatakan pertemuan dengan Bappenas akan membahas perencanaan program pembangunan, sedangkan dengan dua menteri lainnya timnya bakal membicarakan masalah fiskal. Namun Hasto belum tahu jadwal pasti pertemuan tersebut.

Deputi lainnya, Andi Widjajanto, mengatakan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kalla akan memberikan pengarahan kepada tim transisi sebelum mereka menemui para menteri. Selain menteri-menteri itu, fraksi-fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat yang mengusung Jokowi juga akan berinteraksi langsung dengan tim transisi untuk membahas RAPBN 2015.

“Hari ini tiga fraksi yang mengusung Jokowi-JK akan datang ke sini untuk membahas langkah yang akan dilakukan di parlemen,” ujar Andi.

Menurut Andi, tidak tertutup kemungkinan pihaknya mengundang fraksi pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Tujuannya, agar mereka membantu program-program Jokowi-JK yang selaras dengan RAPBN 2015 yang disusun oleh pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

tempo.co

================================================================================

Ledakan Pipa di Subang Diduga Ulah Maling Solar

PT Pertamina (Persero) menengarai ledakan pipa pengangkut solar di trunkline Mandalawangi, Sukasari, Subang, Jawa Barat, disebabkan oleh aksi illegal tapping. ”Indikasinya, ditemukannya peralatan galian tradisional dan tanah yang sudah tergali di lokasi kejadian,” kata Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region 3 Pertamina, Milla Suciyani, Kamis, 28 Agustus 2014. Illegal tapping adalah tindakan membocorkan pipa penyaluran minyak dan mengambil sebagian minyak dari pipa tersebut.

Ledakan pipa Pertamina di Subang menimbulkan kebakaran hebat sekitar pukul 05.30 WIB. Api sempat berkobar di tengah sawah dan parit-parit, namun pada pukul 08.55 api bisa dipadamkan. Ledakan tersebut menewaskan tiga orang, sedangkan empat lainnya mengalami luka bakar. Ledakan itu menghanguskan dua rumah, satu musala, dan satu kandang yang berisi sebelas domba.

Mila mengatakan di lokasi kejadian ditemukan bor dan alat gali tanah. Juga bekas galian tanah tepat di bawah pipa yang bocor. ”Dengan fakta itu, patut diduga ada upaya pencurian BBM jenis solar yang sedang dialirkan pada pipa tersebut,” ujarnya.

Saat ini, Mila mengatakan, Pertamina masih menunggu penyelidikan Polres Subang. Pertamina juga masih menangani korban dan mendata dampak yang dialami masyarakat akibat peristiwa tersebut. Pertamina menyatakan akan menanggung biaya dan santunan kepada korban meninggal ataupun yang terluka serta menanggung kerugian material akibat ledakan pipa itu.

Selain itu, Pertamina terus memperbaiki pipa yang bocor agar dapat digunakan kembali untuk menyalurkan bahan bakar minyak jenis solar tersebut dari kilang Balongan ke Jakarta. ”Perbaikannya memakan waktu sekitar dua hari,” kata Mila. 

Setelah bocornya pipa, Mila menyatakan, pasokan BBM dari Balongan ke Jakarta tetap aman. Soalnya, kata dia, jalur pipa yang lain bisa dioptimalkan dan sistem pengangkutan lainnya dilakukan dengan kapal tanker.

tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + eight =