FAST BREAK – 29 JANUARI 2020

FastBreak

Antisipasi Virus Corona, RSUP Dr Sardjito Siapkan Ruang Isolasi

Sebagai antisipasi jika ada pasien yang terindikasi virus corona, RSUP Dr Sardjito menyiapkan ruang isolasi yang berkapasitas delapan pasien. Sri Purwaningsih selaku Infection Prevention Control Nurse (IPCN) atau Komite PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) mengatakan ruang isolasi ini memiliki sistem khusus yakni High Efficiency Particulate Air (HEPA) Filter System. HEPA Filter ini akan menyaring dan menyalurkan udara kotor dari ruang tempat pasien dirawat ke udara bebas. Ruangan tersebut katanya telah ada dan difungsikan sejak 2003 silam saat waspada SARS. Lanjutnya, delapan tempat tidur yang tersedia akan dikategorikan sesuai dengan empat kriteria jenjang kasus virus corona.

Jembatan Junction Pertemuan 3 Tol Solo-Yogya-Bawen Akan Berada di Tirtoadi

Setelah Kecamatan Kalasan, sosialisasi proyek jalan Tol Yogyakarta-Solo melompat ke Kecamatan Mlati, tepatnya pada Selasa (28/1/2020) dilakukan sosialisasi di Desa Tirtoadi, Mlati. Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY, Krido Suprayitno mengungkapkan di Tirtoadi ini memiliki peranan penting dalam pembangunan tol, yakni di tempat ini nantinya akan dibangun jembatan junction. Jembatan ini merupakan pertemuan dari tol Yogyakarta-Solo, Yogyakarta-Bawen dan Yogyakarta-Kulon Progo. Secara keseluruhan, jumlah bidang yang terdampak di Desa Tirtoadi sebanyak 561 bidang.

Yogyakarta bentuk tujuh kampung baca tingkatkan literasi

Upaya Kota Yogyakarta untuk meningkatkan literasi masyarakat tidak hanya dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan melalui Perpustakaan Kota Yogyakarta tetapi juga ditempuh dengan membentuk kampung baca yang saat ini tersebar di tujuh lokasi. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, mengatakan, Ketujuh Kampung Baca yang sudah terbentuk tersebut adalah Kampung Baca Pengok Kelurahan Demangan, Kampung Baca Yudhonegaran Kelurahan Prawirodirjan, Kampung Baca Jogonegaran Kelurahan Sosromenduran, Kampung Baca Jogoyudan Kelurahan Gowongan, Kampung Baca Brontokusuman Kelurahan Suryodiningratan, Kampung Baca Giwangan Kelurahan Giwangan, dan Kampung Baca Suryodiningratan Kelurahan Suryodiningratan. Setiap kampung baca yang sudah terbentuk wajib memiliki pengelola yang bertugas melakukan berbagai kegiatan terkait upaya peningkatan literasi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =