FAST BREAK – 3 FEBRUARI 2020

FastBreak

Proyek Rekonstruksi Jokteng Lor Wetan Yogya Dimulai Bulan ini

Proyek rekonstruksi Pojok Beteng (Jokteng) Lor Wetan Yogyakarta segera dimulai bulan Februari ini. Proses pembebasan lahan dengan sistem ganti untung kepada warga terdampak pun sudah diselesaikan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, Jokteng Lor Wetan merupakan bagian penting dari struktur cagar budaya Kraton, dengan nilai kebudayaan begitu besar. secara keseluruhan, proyek ini mendapat respons cukup baik dari masyarakat, tidak terkecuali warga-warga yang terdampak.

Jam Operasional di Bandara Adisutjipto Yogyakarta Akan Dikurangi

PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta memastikan pada 29 Maret 2020 nanti seluruh penerbangan dari Bandara Adisutjipto akan dipindahkan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA di Kulonprogo. General Manager AP 1 Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, mengatakan yang dipindahkan adalah penerbangan dengan pesawat jenis jet seperti Boeing 737 dan Airbus A320. Sementara seluruh penerbangan jenis propeller atau baling-baling akan tetap bertahan di Adisutjipto. Sejalan dengan pemindahan tersebut, Pandu mengatakan akan ada perubahan pada jam operasional di kedua bandara tersebut. Setelah pindah, jam operasional YIA akan menjadi 24 jam dari yang sebelumnya hanya 12 jam (06.00-18.00 WIB). Sebaliknya, jam operasional Bandara Adisutjipto akan dikurangi. Kalau sebelumnya aktivitas mulai dari pukul 05.00-00.00 WIB, setelah 29 Maret jam operasional di Adisutjipto akan dibatasi hanya sampai pukul 18.00 WIB

Penataan Fasad Kawasan Malioboro Akan Dimulai dari Kampung Ketandan

Wacana pengembalian fasad, atau bentuk asli kawasan Malioboro, terus diupayakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY. Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Aris Eko Nugroho, berujar dari total 180 penggal, 40 di antaranya sudah terselesaikan DED-nya. Namun, upaya penataan fasad ini belum bisa berlanjut ke tahap fisik, karena proses DED harus lebih dulu diselesaikan pihaknya. Jumlah tersebut, terdiri dari 10 bangunan yang sudah diselesaikan DED pada tahun 2018. Kemudian, 30 bangunan yang telah dirampungkan pada tahun 2019 lalu. Pada 2020 ini, Aris pun menargetkan penyelesaian DED di atas 20 penggal. Pihak dinas akan memulai dari kawasan Kampung Ketandan. Menurutnya, penataan fasad Kampung Ketandan akan menyasar rumah-rumah di yang berada di gang-gang kawasan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 6 =