Fast Break 3 Juni 2016 jam 14.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

Daftar UN Perbaikan SMA dan Sederajat Dibuka, Daftar “Online” di Situs Ini

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka pendaftaran peserta Ujian Nasional Perbaikan (UNP) mulai tanggal 1 Juni 2016 hingga 16 Juli 2016.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs http://unp.kemdikbud.go.id.

“Waktu pendaftaran ini sesuai dengan Surat Edaran BSNP Nomor 0072/SDAR/BSNP/V/2016, tanggal 17 Mei 2016,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Nizam melalui siaran pers, Kamis (2/6/2016).

Nizam mengatakan, surat edaran telah dikirim ke setiap Dinas Pendidikan Provinsi dan kabupaten atau kota, serta ke kantor wilayah Kementerian Agama. Nantinya akan diteruskan ke kantor wilayah kabupaten atau kota.

Surat edaran tersebut menyatakan bahwa UNP tahun 2016 diperuntukkan bagi peserta UN tahun pelajaran 2014/2015 dan 2015/2016 yang memenuhi persyaratan tertentu.

Syarat tersebut yakni memiliki nomor peserta UN seperti yang tercantum dalam kartu peserta UN 2015 dan 2016, serta memiliki nilai kurang dari atau sama dengan 55 pada mata ujian tertentu.

Panitia UN Tingkat Pusat akan menetapkan satuan pendidikan pelaksana UNP berdasarkan jumlah pendaftar.

Peserta UNP harus mendaftar ulang di satuan pendidikan pelaksana UNP pada tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2016.

“Latihan atau simulasi UNP akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 24 Agustus 2016,” kata Nizam.

UNP akan dilaksanakan dalam bentuk ujian berbasis komputer (UNBK) dan diselenggarakan di sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.

Hasil UNP akan dilaporkan dalam bentuk SHUNP yang memuat nilai mata ujian yang ditempuh pada UNP. Nilai yang digunakan bagi peserta UNP adalah nilai yang terbaik dari hasil UN dan UNP.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) Zainal A Hasibuan mengatakan, UNP juga disediakan bagi peserta UN yang belum melakukan UN atau belum menempuh UN secara lengkap.

“Mereka yang belum menempuh UN karena sakit dan pada saat UN susulan juga masih sakit, berhak menempuh UN perbaikan yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus sampai dengan 7 September 2016,” kata Zainal.

kompas.com

===============================================

Pemudik Jalur Laut Diprediksi Meningkat, Kemenhub Pantau 52 Pelabuhan

Jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut pada mudik Lebaran 1437 Hijriah diperkirakan meningkat tahun ini.

“(Jumlah penumpang) diperkirakan sebanyak 1.607.053 orang,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut di Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Adolf R Tambunan, dalam keterangan tertulis, Kamis (2/6/2016).

Jumlah penumpang tahun ini diperkirakan meningkat sebesar 48.807 orang atau 3 persen dibanding realisasi jumlah penumpang tahun lalu, yaitu 1.560.246 orang.

Menurut Adolf, peningkatan jumlah penumpang melalui jalur laut ini dipengaruhi jumlah hari libur Lebaran 2016 yang lebih panjang, yaitu sembilan hari. Faktor lain adalah bersamaan libur akhir semester anak sekolah.

“Di samping adanya penambahan satu kapal penumpang milik PT Pelni dan 10 trayek kapal perintis,” tutur Adolf.

Penyelenggaraan angkutan laut Lebaran 2016 dilaksanakan mulai H-18 atau 18 Juni 2016 hingga H+17 atau 24 Juli 2016.

Pemerintah akan melakukan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan laut melalui Posko Angkutan Lebaran Terpadu Kementerian Perhubungan.

Pemantauan akan dilakukan secara khusus pada 52 pelabuhan yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang. Dari 52 pelabuhan itu, ada 10 pelabuhan yang diprediksi sebagai pelabuhan terpadat yang dilalui pemudik.

Sepuluh pelabuhan itu adalah Sei Pakning, Tanjung Balai Karimun, Batam, Tanjung Batu, Tanjung Uban, Tanjung Pinang, Tanjung Perak, Tarakan, Makassar, dan Ternate.

Masyarakat pun diharapkan melakukan mudik secara tertib, sehingga dapat mengurangi kepadatan serta kecelakaan.

kompas.com

===================================================

UEFA Tegaskan Larangan Merokok di Area Stadion Selama Piala Eropa 2016

Jangan sekali-kali merokok sembarangan selama Piala Eropa 2016 di Prancis. Jika membandel, siap-siaplah mendapat malu. Untuk menandai Hari Bebas Tembakau Sedunia yang jatuh Selasa (31/5) lalu, UEFA menegaskan kembali kebijakan larangan merokok selama Piala Eropa 2016.

Selama Piala Eropa 2016, penonton tidak diperkenankan merokok di dalam dan di luar 10 stadion yang akan digunakan selama turnamen. Sebagai bagian dari program kampanye UEFA, Respect your Health, larangan bebas rokok ini bakal selangkah lebih di depan daripada turnamen-turnamen UEFA sebelumnya. Para sukarelawan dan petugas keamanan mendapatkan pelatihan untuk memastikan para penonton sadar oleh peraturan tersebut. Para penonton dipastikan mematuhi peraturan ini terus-menerus.

Para penonton yang membandel tidak akan mendapat sanksi administratif, namun akan mengalami malu. Sukarelawan dan petugas keamanan akan menegur para penonton yang melanggar untuk berhenti merokok.

Sebanyak lebih dari 6500 orang menjadi tenaga sukarelawan di Piala Eropa 2016. Semua tenaga sukarelawan ini terlibat di kampanye Respect your Health. Mereka mendapatkan pelatihan larangan merokok berbasis e-learning. Pelatihan diberikan melalui sebuah aplikasi dan sesi kelompok situasional. Pelatihan yang bersamaan dengan Hari Bebas Tembakau Sedunia ini juga melibatkan para kepala keamanan dan petugas keamanan.

UEFA tidak sembarangan menetapkan peraturan ini. UEFA bekerjasama dengan European Healthy Stadia Network dan Federasi Jantung Dunia. Mereka berkolaborasi mengembangkan peraturan dilarang merokok untuk Piala Eropa 2016. Mereka mengacu pada fakta merokok dapat merusak kesehatan dan mengakibatkan lebih dari 700 ribu kematian per tahun di Eropa.

Alasan utama larangan merokok di Piala Eropa 2016 adalah untuk melindungi pendukung dan tim dari bahaya perokok pasif. Alasan lain termasuk memberikan contoh bagus untuk orang muda, meminimalkan bahaya kebakaran dan mempromosikan Piala Eropa 2016 sebagai turnamen yang sehat dan menghibur.

Lewat pernyataannya di Uefa.com, UEFA menyatakan tindakan penguatan larangan merokok ini merupakan langkah mereka untuk mempromosikan aspek positif sepak bola. Sepak bola adalah gaya hidup yang sehat dan aman, serta lingkungan yang ramah untuk semua orang.

tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =