Fast Break 3 Oktober 2013 jam 17.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: FastBreak

Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma Ali bereaksi keras atas penangkapan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut Suryadharma, kasus tersebut telah mempermalukan MK sampai pada tingkat tidak ada kewibawaan yang tersisa.

“Untuk menjaga kewibawaan MK, saya menyarankan agar para hakim MK meletakkan jabatannya sebagai bentuk pertanggungjawaban kondisi MK saat ini,” kata Suryadharma di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

Suryadharma tidak yakin kepercayaan masyarakat terhadap MK akan pulih seperti semula pascapenangkapan Akil. Meski Akil belum ditetapkan tersangka, menurut Suryadharma, satu-satunya jalan untuk mengembalikan citra MK adalah melakukan proses pemilihan ulang terhadap sembilan hakim MK.

“Rekrutmen ulang. Kalau mau maju lagi, silakan. Bukan hard feeling atas yang sekarang. Tapi hanya untuk mengembalikan kredibilitas MK. Sekarang, kepercayaan masyarakat sudah runtuh,” ujar Menteri Agama itu.

Seperti diberitakan, KPK menangkap tangan Akil bersama Chairun Nisa, dan Cornelis di kediaman Akil pada Rabu (2/10/2013) malam. Tak lama setelahnya, penyidik KPK menangkap Bupati Gunung Mas Hambit Bintih serta pihak swasta berinisial DH di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat.Bersamaan dengan penangkapan ini, KPK menyita sejumlah uang dollar Singapura dan dollar Amerika yang dalam rupiah bernilai Rp 2,5 miliar-Rp 3 miliar. Diduga, Chairun Nisa dan Cornelis akan memberikan uang ini kepada Akil di kediamannya pada malam itu.

Pemberian uang itu diduga terkait dengan pengurusan perkara sengketa pemilihan kepala daerah di Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang diikuti Hambit Bintih selaku calon bupati petahana.

Pemberian uang kepada Akil ini diduga merupakan yang pertama kalinya. Belum diketahui berapa total komitmen yang dijanjikan untuk Akil.

KPK memantau pergerakan Akil sejak beberapa hari lalu. KPK sebelumnya menerima informasi dari masyarakat yang menyebutkan bahwa ada rencana pemberian uang untuk Akil pada Senin (30/9/2013). Namun rupanya, waktu pemberian uang itu bergeser menjadi Rabu malam.

Kini, KPK masih memeriksa Akil dan empat orang tertangkap tangan lainnya. Dalam waktu 1 x 24 jam, KPK akan menentukan status hukum mereka.
________________________________________________

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan banyak proses pemilihan di Indonesia perlu penataan ulang. Ia menilai tidak sedikit jumlah proses uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan di DPR dipengaruhi kepentingan politik.

Hal itu disampaikan Presiden terkait dengan terjadinya praktik suap yang melibatkan Ketua MK Akil Mochtar di Jakarta, Kamis (3/10). Menurutnya, harusnya, hakim MK sebagaimana hakim di lembaga penegak hukum yang juga amat penting perannya dituntut untuk memiliki integritas yang tinggi, integritas kepribadian yang baik, juga diharapkan memiliki kapasitas untuk memutus sengketa dengan benar.

“Pemilihan posisi-posisi di lembaga-lembaga negara yang penting itu memang tidak boleh sangat dipengaruhi oleh kepentingan politik. Prosesnya sebenarnya bukan proses politik dalam arti ditinjau dari sisi politik, ditinjau dari kepentingan parpol harus dibebaskan. Jadi kalau ada fit dan proper tes itu menguji integritas kapasitas dan kesiapan,” ujar SBY.

Bukan rahasia umum, lanjut Presiden, banyak proses pemilihan di negeri ini yang harus ditata lagi yang harus diluruskan. “Sebab kalau keliru resikonya amat besar, harga yang dibayar amat tinggi,” ujar SBY.

Sebelumnya, proses uji kelayakan dan kepatutan di DPR banyak mendapat sorotan, setelah terungkapnya praktik percaloan itu berawal dari proses uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung di Komisi III DPR RI, pekan lalu. Ketika itu, calon hakim agung Sudrajat Dimyati kedapatan menyerahkan sesuatu mirip amplop kepada anggota Komisi III dari Fraksi Kebangkitan Bangsa Bahruddin di toilet DPR, meskipun keduanya membantah pertemuan singkat di toilet itu membicarakan deal-deal terkait uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung.

Praktik adanya dugaan percaloan tersebut dikuatkan Wakil Ketua Komisi Yudisial Imam Ansyori Saleh, misalnya, mengungkap adanya upaya menyuap tujuh anggota komisioner KY masing-masing Rp200 juta pada uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung pada 2012. Tujuannya ialah agar KY dalam seleksi calon hakim agung meloloskan kandidat tertentu.
______________________________________________________

Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang akan menggelar pelatihan angkatan laut bersama pekan depan di perairan sekitar semenanjung Korea, kata seorang pejabat pertahanan AS Kamis, saat kekhawatiran atas program nuklir Pyongyang meningkat.

Pengumuman itu datang ketika Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel dan Menteri Luar Negeri John Kerry berada di Tokyo untuk bertemu dengan timpalan Jepang mereka setelah pembicaraan dengan para pejabat Korea Selatan pekan ini.

Para pejabat pertahanan AS memberikan beberapa rincian tentang pelatihan tiga negara, menyebut mereka “meningkatkan kebersamaan” dan “dirancang untuk memperkuat koordinasi serta meningkatkan kesiapan untuk menanggapi situasi seperti bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana”.

“Minggu depan, di perairan sekitar semenanjung Korea, Kelompok Tempur USS George Washington akan melakukan latihan maritim trilateral dengan Angkatan Laut Republik Korea dan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang,” katanya.

Pengumuman itu dibuat sehari setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan mengatakan mereka telah memetakan strategi baru untuk melawan ancaman nuklir Korea Utara atau serangan senjata kimia.

Para pengamat mengatakan rencana baru itu sebagian besar merupakan ukuran bangunan-keyakinan untuk menggarisbawahi dukungan Washington kepada Seoul terhadap setiap provokasi dari Pyongyang.

Latihan angkatan laut juga terjadi pada saat Presiden AS Barack Obama berusaha untuk menyeimbangkan diplomatik dan beban militer AS terhadap meningkatnya wilayah Pasifik.

Selain ketegangan atas Korea Utara, Jepang terlibat dalam sengketa sengit kedaulatan dengan Beijing atas kepemilikan kepulauan di Laut China Timur, yang para pengulas telah peringatkan bisa menjadi titik-nyala untuk konflik militer antara dua raksasa Asia itu.

Korea Selatan dan Jepang sendiri terlibat dalam sengketa terkait klaim teritorial lama dan kemarahan atas agresi perang Tokyo di masa lalu.

Uji coba nuklir Korea Utara pada Februari – ketiga dan paling ampuh untuk saat itu – memicu ketegangan militer yang tinggi selama beberapa bulan di semenanjung Korea.

Pyongyang mengancam akan melakukan serangan nuklir lebih dulu terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat, sedangkan Pentagon merespon dengan mengerahkan pesawat-pesawat pembom siluman B2 yang berkemampuan membawa nuklir selama latihan militer bersama dengan Seoul.

Pada Maret, Seoul dan Washington menandatangani perjanjian lain yang memberikan respon militer gabungan bahkan pada provokasi tingkat rendah oleh Korea Utara.

Ketegangan mulai mereda, namun kekhawatiran akut masih bercokol atas program nuklir Korea Utara, dengan satu `think-tank` AS Rabu mengatakan bahwa Pyongyang jelas telah memulai kembali reaktor plutoniumnya yang sudah tua, setelah menganalisis citra satelit baru.

Institut AS-Korea di Johns Hopkins University, yang bulan lalu melaporkan tanda-tanda bahwa reaktor Yongbyon telah kembali beroperasi, mengatakan banyak bukti telah muncul dalam gambar satelit terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =