FAST BREAK – 3 SEPTEMBER 2020

FastBreak

Vaksin Merah Putih Akan Diproduksi Triwulan III 2021

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan perkembangan vaksin COVID-19 Merah Putih sudah mencapai 40 persen tahapannya. Vaksin tersebut, kata dia, sedang disiapkan untuk uji coba kepada hewan. Setelah dilakukan uji coba kepada hewan, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman akan menyerahkan bibit vaksin Merah Putih untuk diproduksi dan dilakukan uji klinis tahap satu, dua, dan tiga. Setelah itu diharapkan di triwulan III 2021 harapannya sudah bisa memproduksi tahapan awal dari vaksin Merah Putih ini untuk keperluan publik. Menurut Bambang, kemandirian dalam membuat vaksin COVID-19 sangat dibutuhkan, utamanya untuk negara sebesar Indonesia. Sebab, penduduk Indonesia mencapai 260 juta, sehingga dibutuhkan produksi vaksin sekitar 300-400 juta ampul.

Bakal Ada Sanksi Bagi Warga DIY yang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

Munculnya kasus meninggal dengan status positif Covid-19 di satu toko kelontong di Danurejan, Yogyakarta Rabu (2/9/2020) membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkatkan penegakan protokol kesehatan. Beberapa langkah mulai dilakukan, di antaranya penerbitan Peraturan Gubernur (Pergub) yang dalam waktu dekat ini akan diluncurkan oleh Pemerintah DIY. Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, mengatakan, di dalamnya memuat tentang sanksi. Ada sanksi perorangan, ada juga sanksi tempat usaha. Untuk sanksi tempat usaha, pihak Satpol PP DIY mulai berlakukan tindakan tegas, dari teguran lisan, tertulis, hingga upaya pencabutan izin usaha. Sementara untuk sanksi individu, Noviar masih belum menjejlaskan secara detail.

Pemda DIY akan Dropping Air Bersih Lebih Banyak untuk Atasi Kekeringan

Kekeringan telah melanda beberapa daerah di DIY, baik di Gunungkidul maupun Kulonprogo. Menyikapi hal tersebut, Kepala BPBD DIY sekaligus Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menegaskan bahwa pihaknya siap menghimpun dan menyalurkan air bersih ke daerah yang membutuhkan, lebih banyak dari tahun lalu. Berdasar data BPBD Gunungkidul, per Agustus 2020 wilayah Kabupaten Gunungkidul tengah mengalami dampak kekeringan yang cukup luas, dengan jumlah terdampak mencapai 109.648 jiwa dan tersebar di 10 kecamatan. Tahap pertama dropping air bersih dilakukan di Desa Girisekar, Kecamatan Panggang dengan menerjunkan dua armada truk tangki berkapasitas 4.000 liter dan 5.000 liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 10 =