Fast Break 4 Februari 2016 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: Fast Break

pagi

Jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menutup seluruh jalur pendakian menuju Gunung Rinjani akibat tingginya curah hujan dan angin kencang yang menyelimuti wilayah itu sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan para pendaki dan wisatawan.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Agus Budiono di Mataram, Rabu, mengatakan penutupan jalur pendakian itu resmi diberlakukan, Selasa (2/2), hingga bulan Maret 2016.

“Dengan mempertimbangkan kondisi dan cuaca serta komunikasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jalur pendakian menuju Gunung Rinjani resmi kita tutup,” katanya.

Ia menjelaskan, jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, semestinya penutupan jalur pendakian menuju Gunung Rinjani sudah diberlakukan sejak Januari. Namun, karena kondisi masih bagus dan intensitas hujan masih sangat rendah, sehingga belum ada penutupan.

“Kalau sekarang curah hujannya sangat tinggi, sehingga jika tidak ditutup dapat mengancam keselamatan jiwa para wisatawan atau pendaki yang ingin menuju puncak Rinjani dan Danau Segara Anak,” jelasnya.

Menurut Agus, pendakian baru bisa dibuka kembali jika kondisi cuaca di seluruh kawasan Gunung Rinjani sudah membaik dan pemeliharaan jalur pendakian sudah dilakukan. Karena, selama ditutup biasanya jalur pendakian menuju Gunung Rinjani dipenuhi banyak pohon tumbang akibat cuaca buruk.

“Jadi kalau sudah baik dan pembersihan sudah dilakukan serta dianggap sudah clear baru pendakian bisa kita buka kembali. Tetapi semua itu tergantung dari kondisi cuaca,” jelas Agus.

Agus menambahkan, selama penutupan para wisatawan yang ingin melakukan aktivitas pendakian Gunung Rinjani tidak akan diberikan izin hingga kondisi cuaca benar-benar sudah membaik.

Selama tahun 2015 jumlah wisatawan yang melakukan pendakian ke Gunung Rinjani berasal dari 60 negara, dengan jumlah wisatawan baik mancanegara maupun nusantara sebanyak 70 ribu orang lebih. Jumlah itu meningkat dari tahun 2014 yang hanya 58 ribu orang.

Dengan rincian, kata dia, wisatawan asing sebanyak 27 ribu lebih dan wisatawan nusantara sebanyak 43 ribu lebih. Sedangkan pada tahun 2014, jumlah wisatawan nusantara 37 ribu dan wisatawan mancanegara 23 ribu orang lebih.

antaranews.com

=======================================
Rektor se-Indonesia sepakat pertimbangkan nilai UN

Rektor se-Indonesia yang tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) sepakat akan mempertimbangkan nilai ujian nasional untuk masuk PTN dengan bobot sesuai dengan PTN masing-masing.

“Nilai UN itu paling tidak akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan indeks integritas sekolah. Itu bagian dari cara kita mempertimbangkan, bukan mengombinasikan nilai masing-masing orang,” kata Rektor Unair Prof. Dr. M. Nasih di Surabaya, Rabu.

Ia mengemukakan hal itu dalam sosialisasi SNMPTN-SBMPTN yang dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dispendik Surabaya Drs. Sudarminto, M.Pd. dan 300 perwakilan SMA, SMK, MA, dan SPK se-Surabaya.

“Untuk itu, saya berharap pemerintah untuk melaksanakan pengumuman nilai UN yang tidak terlalu mepet dengan pengumuman hasil SNMPTN. Oleh karena itu, jadwal ujian pelaksanaan UN perlu dimajukan,” katanya.

Terkait dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016, dia menjelaskan prosesnya sudah berlangsung sejak 18 Januari 2016 sampai dengan 20 Februari 2016.

“Dalam proses awal itu, kepala sekolah dan guru melakukan pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS),” katanya.

Namun, pendaftar SNMPTN 2016 ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah. Pada sekolah terakreditasi A, sekolah diberi jatah 75 persen.

Pada sekolah terakreditasi B, sekolah diberi jatah 50 persen, sedangkan pada sekolah terakreditasi C, sekolah diberi jatah 20 persen. Sisanya, sekolah dengan status lainnya diberi jatah 10 persen.

“Pihak sekolah juga diperbolehkan untuk mendaftarkan siswa-siswanya yang layak didaftarkan untuk mengikuti seleksi SNMPTN tahun 2016,” katanya.

Kriteria hasil penelitian ditentukan oleh nilai rapor, portofolio akademik siswa dan indeks integritas ujian nasional masing-masing sekolah.

Pada tahun 2016, daya tampung UNAIR akan berkisar pada angka 5.225 orang, sedangkan kuota SNMPTN sekitar 2.080 kursi.

“Jika ada informasi yang masih belum dipahami, pihak guru dipersilakan menghubungi atau datang langsung ke Unair,” kata Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair Suko Widodo.

antaranews.com

=======================================

Pemerintah Segera Larang Keberadaan Gafatar di Indonesia

Pemerintah akan segera melarang keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) pasca Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa gerakan tersebut sesat.

Pelarangan Gafatar di Indonesia akan dikeluarkan setelah Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (Pakem) membuat rekomendasi untuk menindaklanjuti gerakan tersebut.

“Kami dari tim Pakem Pusat akan mempertimbangkan fatwa MUI tersebut. Jika sudah dikatakan sesat dan menyesatkan pertimbangan kami yang akan dikeluarkan adalah melarang keberadaan Gafatar,” ujar Wakil Ketua Tim Pakem Adi Toegarisman saat dihubungi, Rabu (3/2).

Rekomendasi Tim Pakem akan diberikan kepada Jaksa Agung, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri. Nantinya, ketiga menteri tersebut lah yang akan mengeluarkan surat keputusan bersama terkait keberadaan Gafatar.

Jika Gafatar dilarang, maka segala aktifitas yang dilakukan kelompok tersebut dapat dikategorikan sebagai tindakan ilegal.

“Untuk orang yang masih melakukan aktifitas atau gerakan maka akan ditindak secara pidana. Saat ini kami memang belum menerima salinan fatwa dari MUI. Mungkin setelah ini kami akan melakukan komunikasi dengan MUI dan seluruh tim Pakem,” katanya.

Siang tadi Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya telah melakukan pengkajian mendalam sebelum menetapkan fatwa tersebut.

“Putusannya adalah aliran Gafatar sesat dan menyesatkan. Mereka sesat karena merupakan metamorfosis Al-Qiyadah Al-Islamiyah dan menjadikan Ahmad Musadeq sebagai pemimpinnya,” kata Ma’ruf saat konferensi pers di Gedung MUI, Jakarta.

Gafatar juga dinyatakan sesat karena menganut ajaran Millah Abraham. Hal itu dinilai menyimpang oleh MUI.

“Millah Abraham mencampuradukkan agama Islam, Nasrani, dan Yahudi. Terhadap mereka yang meyakini paham itu maka dinyatakan murtad dan keluar dari ajaran Islam,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan beberapa temuan dari aliran Gafatar yang dianggap menyimpang antara lain tidak adanya kewajiban salat, puasa, dan haji.

cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + two =