FAST BREAK – 5 AGUSTUS 2020

FastBreak

Ledakan di Lebanon Sebabkan Puluhan Warga Tewas dan Ribuan Terluka

Korban tewas dalam ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon terus bertambah. Menteri Kesehatan Hamad Hassan, mengatakan, korban tewas telah mencapai 73 orang.  Hassan juga mengatakan, bahwa sekitar 3700 orang terluka dalam insiden ledakan yang terjadi Selasa 4 Agustus 2020 waktu setempat. Menurut data yang ada, ledakan ini disinyalir setara dengan gempa berkekuatan 3,3 magnitudo. Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 ammonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjaid penyebab insiden. Pupuk itu, disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut. Sampai saat ini masih dilakukan penyelidikanuntuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas kejadian ini.

Pelayanan Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Tutup Sementara

Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi memutuskan untuk tidak menerima layanan sementara kepada pasien setelah insiden kebakaran pada Senin (3/8/2020) kemarin. Christianti Ananda, Humas Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi mengatakan untuk sementara pelayanan dialihkan ke Rumah Sakit Bethesda Sudirman. Ia mengatakan setelah kejadian kebakaran kemarin malam, semua pasien yang rawat inap di rumah sakit sudah dipindahkan ke Rumah Sakit Bethesda Sudirman. Selain itu, mulai Selasa kemarin semua layanan di Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi juga tutup terlebih dahulu. Kemudian, sambil menunggu hasil pemeriksaan, pihak rumah sakit akan membersihkan area kejadian kebakaran.

Tol Jogja-Bawen Diperkirakan Gusur Bangunan Cagar Budaya Lebih dari 50 Tahun

Ruas Tol Jogja-Bawen di Desa Tirtoadi. Kecamatan Mlati, Sleman, diperkirakan menggusur sebuah bangunan cagar budaya, rumah limasan berusia lebih dari 50 tahun di Dusun Pundong 2. Bangunan tersebut telah dinobatkan sebagai salah satu cagar budaya melalui Surat Keputusan Bupati Sleman Tahun 2017. Salah satu pemegang hak waris cagar budaya, Widakdo Marjoyo, 66, menuturkan bangunan peninggalan kakeknya itu disebut limasan Dalem Mijosastro. Menurutnya, dari rencana desain tol yang disampaikan Tim Persiapan Pengadaan Lahan Tol Jogja-Bawen, limasan ini tidak terkena seluruhnya, tetapi hanya sebagian. Kepala Dispertaru DIY Krido Suprayitno menuturkan pihaknya sudah mempertimbangkan langkah yang akan diambil untuk bisa mempertahankan cagar budaya tersebut. Menurutnya, Satker akan memindah bangunan agar tetap utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 20 =