FAST BREAK – 6 OKTOBER 2020

FastBreak

Kereta Commuter Line Jogja-Solo Segera Dioperasikan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) optimistis segera mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jogja-Solo seiring. Saat ini persiapan terus dilakukan. Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto, mengatakan pada tahap pertama nantinya uji coba dilakukan untuk rute Jogja-Klaten. Sedangkan untuk sampai di Solo, diharapkan bisa direalisasikan akhir tahun ini atau awal tahun depan. Selain pembahasan mengenai operasional, lanjut dia, persiapan lain yang dilakukan adalah dalam waktu dekat ini kereta yang akan digunakan sebagai KRL akan didatangkan dari Jakarta. Sedangkan mengenai harga tiket, menurut dia, juga masih dalam tahap pembahasan.

Rentan Corona, PKL Lansia di Malioboro Diistirahatkan

Berbagai strategi pencegahan penyebaran Covid-19 di Malioboro terus diterapkan. Setelah pemberlakuan zonasi, penerapan kode QR hingga pemisahan alur pejalan pedestrian, pedagang lansia pun diistirahatkan. Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menyebutkan bahwa pihaknya telah mengimbau kepada masing-masing komunitas untuk meminta pedagang lansia untuk sementara tidak berjualan. Selain itu Ekwanto berpendapat jika para lansia mungkin memiliki imun yang lebih rendah dari yang muda. Meski sebenarnya telah diimbaukan sejak kembali lama, diakui Ekwanto tingkat kesadaran PKL lansia sudah mulai meningkat.

Jelang Musim Hujan, DLH Bantul Pangkas Ranting Pohon

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul mulai mendata dan memangkas pohon-pohon yang terlalu rindang, khususnya yang berada di tepi jalan umum. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang saat memasuki musim penghujan. Kepala DLH Bantul, Ari Budi Nugroho, mengatakan, sejak dua pekan terakhir sudah memangkas ranting pohon di 10 titik yang dianggap membahayakan pengguna jalan dan bangunan rumah. Beberapa titik pemangkasan ranting pohon di antaranya di Jalan Jogja-Wonosari, Piyungan, Bantul atau sekitar objek wisata Bukit Bintang dan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Selain itu pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk memotong sendiri pohon sekitar rumah yang dianggap membahayakan jika tertiup angin kencang atau meminta bantuan petugas DLH untuk memotongnya.

 

credit :

https://jogjapolitan.harianjogja.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 5 =