FastBreak 13 Agustus 2014 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja: FastBreak

Ronaldo 2 Gol, Madrid Juarai Piala Super Eropa

MADRID

Real Madrid sukses meraih trofi Piala Super Eropa 2014 setelah berhasil menang dua gol tanpa balas atas Sevilla di Stadion Cardiff City, Selasa atau Rabu (13/8/2014) dini hari WIB.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, menurunkan skuad terbaiknya pada pertandingan ini. Ia langsung memainkan dua pemain anyarnya, Toni Kroos dan James Rodriguez yang menemani Luka Modric dan Gareth Bale di lapangan tengah.

Komposisi itu pun membuat Madrid menguasai jalannya pertandingan. Beberapa kali Ronaldo dan kawan-kawan mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol lebih dulu ke gawang Sevilla yang dikawal kiper Beto.

Pada menit ke-18, misalnya, ketika Bale menusuk ke jantung pertahanan Sevilla. Beruntung bagi Sevilla, Beto mampu tampil cemerlang saat mengantisipasi bola tendangan gelandang asal Wales tersebut dari dalam kotak penalti.

Meski Madrid menguasai penguasaan bola, Sevilla bukan tanpa serangan. Pada menit ke-21, mereka pun hampir menjebol gawang Madrid lebih dulu jika saja bola tendangan Vitolo tidak ditepis Iker Casillas.

Pada menit ke-30, Madrid akhirnya mampu unggul lebih dulu berkat torehan Ronaldo. Gol tersebut berawal dari pergerakan Ronaldo di sisi kanan pertahanan Sevilla. Bomber asal Portugal itu kemudian memberikan umpan kepada Modric sebelum diteruskan kepada Gareth Bale di sisi kiri.

Bale kemudian memberikan umpan silang yang langsung disambar Ronaldo dengan tendangan akurat yang masuk ke pojok kanan gawang Sevilla tanpa mampu dihalau kiper Beto. Skor 1-0 untuk Madrid pun bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Madrid masih mendominasi pertandingan. Sementara itu, Sevilla juga bebearpa kali mampu menciptakan peluang berbahaya di jantung pertahanan Madrid melalui serangan balik.

Akan tetapi, lagi-lagi Ronaldo menjadi mimpi buruk bagi para pemain Sevilla. Mantan pemain Manchester United itu mampu mencetak gol keduanya pada menit ke-49 untuk membawa Madrid unggul 2-0.

Gol tersebut berawal dari pergerakan Karim Benzema di depan kotak penalti Sevilla. Dengan cerdik, Benzema memberikan umpan terobosan kepada Ronaldo yang langsung meneruskannya dengan tendangan keras.

Bola tendangan Ronaldo itu masuk ke pojok kiri gawang Sevilla tanpa mampu dihalau kiper Beto. Meski mencoba memperkecil kedudukan, sejumlah peluang Sevilla tidak dapat dikonversikan menjadi gol dan skor 2-0 untuk Madrid pun bertahan hingga laga usai.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Madrid menguasai bola sebanyak 53 persen dan menciptakan tujuh tembakan akurat dari 11 usaha. Adapun Sevilla mendapatkan tiga peluang emas dari enam percobaan.

kompas.com

================================================================================

Yogyakarta Mendapat Penghargaan Kota Layak Huni

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menerima penghargaan Livable City (kota layak huni) dari Eastern Regional Organisation for Planning and Human Settlements (Earoph). Penghargaan ini diberikan kepada para wali kota yang dinilai mampu melaksanakan pembangunan kota yang tangguh dan cerdas serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Earoph Dr Ir Hermanto Dardak kepada Haryadi, di Hotel Borobudur Jakarta awal pekan ini, bersamaan dengan kongres tahunan ke-24 Earoph yang diikuti oleh wali kota dan bupati se-Asia Pasifik dari tanggal 10-13 Agustus.

Haryadi dalam sambutan usai menerima penghargaan mengatakan kota layak huni tidak sekedar terwujud dalam ketersediaan sarana prasarana maupun fasilitas bagi masyarakat. Menurutnya, ukuran nyata dampak tingkat kelayakan huni adalah usia harapan hidup dengan kondisi kesehatan dan pendidikan yang memadai.
“Usia harapan hidup warga kota Yogyakarta mencapai 73,5 tahun dan merupakan rerata tertinggi tingkat nasional,” kata Haryadi dalam rilis Pemkot Yogyakarta.

Haryadi menambahkan untuk menciptakan kota yang layak huni menurut Wali Kota kuncinya adalah didahuli dengan membangun nilai. Sebagai contoh adalah membangun nilai kepada masyarakat untuk memperlakukan sampah dengan baik. “Membangun nilai inilah yang yang sulit dan perlu digalakkan,” ujarnya.

Selain Wali Kota Yogyakarta ada sejumlah Wali Kota lain seperti Kota Surabaya, Kota Jakarta Utara, Tangerang Selatan, Makasar, Semarang, Bandung dan Banyuwangi juga menerima penghargaan dengan kategori yang berbeda.
Ada beberapa kriteria penilaian untuk sebuah kota menjadi kota layak huni diantaranya kualitas penataan ruang, jumlah ruang terbuka, kualitas angkutan umum, perlindungan bangunan sejarah, dan kebersihan.

Selain itu juga pencemaran, kondisi jalan, fasilitas pejalan kaki, kesehatan, pendidikan, air bersih, jaringan telekomunikasi, pelayanan publik, hubungan antarpenduduk, listrik dan fasilitas rekreasi.

suaramerdeka.com

================================================================================

Rooney, Kapten MU Musim 2014/15

Louis van Gaal telah memastikan bahwa Wayne Rooney akan menjadi kapten Manchester United pada musim ini.

Arsitek asal Belanda itu awalnya diperkirakan akan menunjuk mantan anak asuhnya di tim Oranye Robin van Persie sebagai kapten Setan Merah.

Namun, pascakemenangan 2-1 atas Valencia di laga persahabatan pamungkas Manchester United, klub Liga Primer Inggris itu memastikan Rooney akan menjadi kapten selama musim 2014/15.

Adapun Darren Fletcher ditunjuk sebagai wakil kapten.

“Adalah sebuah kehormatan bagi saya dan keluarga saya untuk menjadi kapten klub yang luar biasa ini. Ini adalah peran yang akan saya jalani dengan rasa bangga,” ujar Rooney pascapenunjukkan dirinya sebagai kapten Manchester United.

detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 19 =