FASTBREAK 16 FEBRUARI 2017

FastBreak

Asteroid Seukuran Gedung Pencakar Langit Mendekati Bumi

Bumi lagi-lagi dikabarkan didekati asteroid. Kali ini, benda alam seukuran gedung pencakar langit New York Empire State Building terbang mendekati Bumi pada kecepatan 44 ribu meter per jam.

Seperti dilansir dari Mirror, Kamis (15/2/2017), asteroid yang diberi nama “2015 BN509” ini diklaim NASA berada di jarak terdekat dengan Bumi. Diungkap, jarak BN509 dengan Bumi sama dekatnya seperti jarak Bumi dengan Bulan.

Dr Edgard Rivera-Valentín, peneliti antariksa dari Universities Space Research Association, menyebutkan tinggi asteroid tersebut sekitar 200 meter (660 kaki), sedangkan panjangnya berkisar 400 meter (1.310 kaki).

Ia juga berkata, asteroid tersebut berpotensi merusak Bumi. Sayangnya, ia tidak bisa memprediksi bagaimana asteroid tersebut bisa ‘menggapai’ jarak yang lebih dekat lagi dengan Bumi.

“Asteroid ini memiliki bentuk seperti kacang tanah. Karena tidak stabil, asteroid tersebut tidak dapat mengorbit Bumi dengan baik dan kemungkinan bisa jatuh melesat, melewati lapisan atmosfer,” ia menerangkan.

Saat ini asteroid itu tengah diteliti observatorium Arecibo di Puerto Rico. Para peneliti akan mencari tahu lebih lanjut terkait ukuran, bentuk, serta komposisi geologis asteroid, dan bagaimana benda ini bisa terus terbang mendekati orbit Bumi.

liputan6.com

==========================================

Yahoo peringatkan lagi pengguna soal pembobolan data

Yahoo memperingatkan para penggunanya mengenai aktivitas jahat terhadap akun-akun mereka antara 2015 dan 2016. Ini adalah perkembangan terbaru dari investigasi perusahaan internet ini menyangkut pembobolan besar-besaran yang telah membobol satu miliar data pengguna beberapa tahun lalu.

Yahoo memastikan Rabu waktu setempat bahwa mereka telah memberi tahu para pengguna bahwa akun-akun mereka berpotensi dibobol, namun Yahoo menolak mengungkapkan berapa banyak orang yang terdampak pembobolan ini.

Yahoo mengatakan pembobolan itu dilakukan oleh pelaku bersponsor negara yang telah mencuri data pribadi dari sekitar 1 miliar akun pengguna Yahoo pada 2013 dan 2014. Data yang dicuri itu termasuk alamat email, tanggal kelahiran dan petunjuk untuk kata sandi akun.

Pembobolan marabahaya ini menimbulkan pertanyaan mengenai keamanan Yahoo dan mengguncang kesepakatan yang dilakukan perusahaan ini dalam menjual jasa email, laman dan aplikasi-aplikasi mobilenya kepada Verizon Communications.

Aktivitas jahat terbaru ini melibatkan penggunaan forged cookies, yakni serangkaian data yang digunakan di web yang kadang membuat orang bisa mengakses akun-akun online tanpa memasukkan kembali kata sandi.

Sebuah pesan peringatan yang dikirimkan kepada pengguna Yahoo berbunyi, “Berdasarkan kepada penyelidikan yang tengah dijalankan, kami yakin forged cookie ini bisa jadi telah digunakan pada 2015 atau 2016 untuk mengakses akun Anda.”

antaranews.com

===============================================

Di TPS Ini, Mencoblos Berhadiah Gelas, Panci, hingga Ayam Hidup

Di Tempat Pemungutan Suara 11, RW 006, Kelurahan Kaligangsa Kulon, Kabupaten Brebes, mereka yang menggunakan hak pilihnya bisa mengambil kupon hadiah.

“Kami menyediakan sejumlah hadiah untuk warga yang mencoblos. Hadiah disediakan untuk menarik minat warga memilih pemimpinnya,” kata Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara TPS 11, Siswanto, Rabu (15/2/2017).

“Di kupon yang diambil warga ada tulisan hadiah. Jika tidak ada tulisan, warga tetap akan mendapatkan dua gelas,” Siswanto menambahkan.

Untuk hadiah, pihaknya menyediakan puluhan buah setiap itemnya. Hadiahnya meliputi panci, gelas, dan ayam hidup.

Cara tersebut dinilai efektif untuk menarik minat warga menggunakan hak suara. Lantaran, pada pemilihan umum sebelumnya jumlah pemilih sangat rendah tidak sampai 50 persen dari sekitar 500 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap.

Pada tahun ini, dengan jumlah DPT yang tidak jauh dengan tahun lalu, hingga pukul 11.30 WIB, sudah ada 328 warga yang menggunakan suaranya.

“Saya yakin dengan cara ini dapat menarik minat warga untuk memilih. Warga terus berdatangan pada siang hari,” kata Siswanto.

Ia menegaskan hadiah tersebut merupakan swadaya masyarakat dan anggota KPPPS, dan bukan dari salah satu pasangan calon

kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 4 =