FASTBREAK 16 NOVEMBER 2017

FastBreak

Angkutan khusus penonton Asian Games disiapkan

Dinas Perhubungan Sumatera Selatan akan mempersiapkan mobil angkutan khusus untuk penonton Asian Games, Agustus 2018. Kendaraan angkutan penumpang tersebut untuk melayani masyarakat bila ingin melihat pesta olahraga internasional mendatang, kata Sekretaris Dinas Perhubungan Sumsel Uzirman di Palembang, Kamis. Memang, lanjut dia, ada lima puluh bis yang disiapkan yang rutenya menuju kawasan olahraga Jakabaring Palembang.

Mobil itulah nantinya yang akan mengangkut para penumpang jika ingin melihat pertandingan pesta olahraga yang diikuti 45 negara mendatang. Dia mengatakan, disiapkannya mobil khusus tersebut supaya arus lalu lintas semakin tertib terutama saat pelaksanaan pesta olahraga akbar mendatang. Apalagi tamu dari berbagai negara nanti menginginkan suasana nyaman dan aman termasuk ketertiban di bidang lalu lintas, kata dia. Sehubungan itu pihaknya menyiapkan kendaraan berupa bus untuk mengangkut masyarakat yang hendak ke Jakabaring, ujar dia.

Selain mobil juga nantinya juga akan beroperasi kereta api ringan atau LRT yang saat ini sedang diselesaikan pengerjaanya. Kereta api listrik itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menyaksikan pesta olahraga internasional mendatang karena stasiun akhirnya di Jakabaring Palembang, kata dia.

Sebelumnya Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Ahkmad Najib mengatakan, Sumsel siap menjadi tuan rumah Asian Games. Baik akomodasi, fasilitas pertandingan sudah siap termasuk sarana transportasi, tambah dia.

antaranews.com

==============================================================

Milad Muhammadiyah ke-105 Akan Digelar di Pagelaran Kraton Yogyakarta

Memperingati milad Muhammadiyah yang ke-105, kegiatan milad kali ini akan dilakukan di Pagelaran Keraton Yogyakarta.
Milad tersebut akan dilaksanakan Jumat (17/11/2017) mendatang dan akan dimulai sekitar pukul 19.30 petang.

Dalam milad kali ini ada beberapa agenda yang dilaksanakan yaitu satu di antaranya pemberian Muhammadiyah Award kepada tokoh yang berperan terhadap perkembangan Muhammadiyah.

“Muhammadiyah kali ini akan memberikan pada tokoh yang memberi kontribusi yang cukup signifikan kepada perkembangan terhadap Muhammadiyah,” ujar Agung Danarto selaku Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Dalam press conference yang dilakukan di aula Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta turut hadir pula Haedar Nashir selaku Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Haedar menjelaskan tentang beberapa teknis pelaksanaan milad yang akan digelar Jumat esok.

tribunjogja.com

=================================================================

Curah Hujan di DIY Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menyatakan DIY sudah mulai memasuki musim hujan.
Masyarakat diminta waspada potensi bencana yang mungkin hadir. Kepala kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono mengatakan, awal musim hujan di DIY dinilai masih sporadis atau belum merata di seluruh wilayah.
Awal musim hujan ini terlihat dari curah hujan yang saat ini telah mencapai lebih dari 50 milimeter per dasarian.

“Sedang di awal musim hujan ini kita prediksi jumlah curah hujan rata-rata bulanan di angka kisara 200-300 milimeter,” ujar Djoko, Kamis (16/11/2017).

Ia menjelaskan, kondisi cuaca pada siang hingga sore hari di wilayah bagian utara dan tengah Yogyakarta berpotensi hujan sedang-lebat.
Sedang di wilayah bagian selatan Yogyakarta berpotensi hujan di sore hingga malam hari.

“Suhu udaranya berkisar 22-32 celcius dengan kelembapan 60-95 persen,” kata Djoko.

Ia menambahkan, masyarakat perlu waspada munculnya hujan lebat durasi singkat yang disertai petir dalam beberapa hari ke depan. Pun, patut diwaspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di laut Selatan yang bisa mencapai 1,25 – 2,5 meter.

“Masyarakat diimbau untuk waspada potensi banjir, khususnya warga yang tinggal di bantaran sungai. Selain itu, menebang pohon tua dan memangkas cabang yang sudah rapuh untuk menghindari roboh saat angin kencang terjadi,” ungkapnya.

Saat musim hujan setiap bulan akan mengalami tren kenaikan curah secara bertahap dan hujan diprediksi akan mencapai puncak tertinggi pada bulan Januari-Februari 2018. Curah hujan pada periode Puncak musim hujan diperkirakan mencapai 400-550 milimeter per bulan.

tribunjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =