FastBreak 18 Juni 2013 jam 17.00

FastBreak

Wakil Presiden Boediono berharap masyarakat tidak menimbun premium atau solar menjelang kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

“Enggak usah kita borong-borong BBM. Kalau mau beli secukupnya sajalah,” kata Wapres saat jumpa pers di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (18/6/2013), seusai rapat bersama jajaran menteri dan pimpinan instansi terkait.

Wapres mengatakan, menimbun BBM sama saja mengambil keuntungan dari pajak rakyat. Pasalnya, BBM masih mendapat subsidi dari pemerintah. Jika semua tenang, kata dia, tidak ada yang dirugikan.

“Diharapkan semua tenang. Saya kira semua memikirkan masyarakat yang kita anggap mendapatkan beban lebih berat daripada yang lain. Itu akan kita perhatikan sekali,” kata Boediono.

Boediono menambahkan, pemerintah juga akan menjaga kestabilan harga bahan pokok agar tidak terjadi gejolak. Menjelang bulan puasa, kata dia, memang akan ada kenaikan harga bahan pokok. Hanya, Wapres berharap kenaikannya normal.

Seperti diberitakan, harga premium akan naik menjadi Rp 6.500 per liter dan solar Rp 5.500 per liter. Kenaikan harga BBM akan diputuskan setelah seluruh program kompensasi siap diimplementasikan. Program kompensasi tersebut adalah beras untuk rakyat miskin, beasiswa, program keluarga harapan, dan bantuan langsung sementara masyarakat.
_____________________________________________________________________

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi memperingatkan semua kepala daerah untuk menaati kebijakan nasional Pemerintah dalam memberlakukan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

“Saya perlu memberikan `warning`(peringatan,red) kepada kepala daerah bahwa secara politik mungkin ada kepala daerah diusung oleh partai yang tidak setuju kenaikan harga bbm dan pemberian BLSM. Tetapi sebagai kepala daerah, dia adalah bagian dari sistem nasional yang saya harapkan semuanya menaati itu,” kata Mendagri usai membuka “Rakernas Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Mandiri Pedesaan 2013” di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa.

Mendagri menghormati aspirasi kepala daerah untuk mengalihkan program bantuan kompensasi kenaikan harga bbm bersubsidi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan masing-masing daerah.

Namun seluruh program nasional, termasuk BLSM, merupakan bagian dari kebijakan nasional yang harus dijalankan kepala daerah sebagai perwakilan Pemerintah pusat.

“Kebijakan ini sudah dilakukan kajian selama berbulan-bulan dan dari berbagai aspek yang sudah diputuskan, kalau ada aspirasi yang diterjemahkan di daerah dengan program sendiri silakan tetapi program (BLSM) ini harus ditaati,” tambahnya.

Sebelum kebijakan pemberian BLSM sebagai kompensasi kenaikan harga bbm bersubsidi disetujui untuk disahkan oleh DPR dan Pemerintah, Kemdagri sudah menyampaikan kepada seluruh kepala daerah.

“Saya tidak mendengar ada kepala daerah menyampaikan (keberatan) itu pada saat dikumpulkan. Semua sudah disampaikan secara transpraran dengan mengndang semua kepala daerah,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menolak program pemberian BLSM karena masyarakat Ibukota lebih memerlukan bantuan dalam bentuk lain.

“Kalau bisa bantuan itu diberikan buat usaha-usaha produktif, usaha kecil dan usaha rumah tangga. Itu lebih baik,” kata Jokowi.

Sementara itu, DPR telah menyetujui untuk disahkannya RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2013, Senin malam (18/6), yang menyetujui rencana Pemerintah untuk menaikkan harga bbm bersubsidi menjadi Rp6.500 untuk premium dan Rp5.500 untuk solar.

Kompensasi atas kenaikan harga tersebut kemudian dialihkan Pemerintah ke dalam program BLSM sebesar Rp9, 32 triliun selama empat bulan untuk 15,5 juta warga kurang mampu di Indonesia.

_________________________________________________________________________

Museum Geologi Indonesia akan membuka ruangan simulasi gempa untuk sosialisasi antisipasi bencana alam seismik itu.

Ruang simulasi gempa ini, kata staf Bagian Pelayanan dan Humas Museum Geologi Indonesia Luthfi, Senin (17/6), berada di lantai dua dan pengunjung bisa merasakan gempa di ruangan tersebut dengan kekuatan skala yang telah diatur.

Menurut dia, ruangan itu diperuntukkan bagi pengunjung untuk mengetahui lebih jauh terkait bencana alam gempa, penyebab gempa, serta akan merasakan guncangannya.

Ruangan simulasi gempa itu akan menjadi wahana edukasi sekaligus hiburan yang memberikan sensasi bagi pengunjung museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro Kota Bandung itu.

“Pada dasarnya ruangan simulasi ini untuk membangun edukasi, yakni dengan pendekatan fun dan entertain,” kata Luthfi.

Para pengunjung akan lebih senang dan menyerap pengetahuan jika langsung praktik dan pendekatan hiburan.

Selain itu, pengunjung yang biasanya didominasi siswa tidak akan merasa bosan karena telah disuguhi berbagai teori di dalam kelas.

Meski belum diketahui dengan pasti kapan peresmian ruang simulasi gempa ini, Luthfi memastikan pada 2013 ini juga akan dibuka.

“Launchingya belum pasti kapan, tapi tahun ini sudah pasti akan dibuka,” katanya.

Ia berharap kehadiran ruang simulai gempa ini akan menarik lebih banyak pengunjung datang ke Museum Geologi Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 20 =