FastBreak 19 Mei 2014 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja : FastBreak

Gunung Slamet Masih Berdentum 

Meski status di level waspada Gunung Slamet berada di lima kabupaten di Jawa Tengah, yakni Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes ternyata hingga kemarin masih mengeluarkan suara dentuman keras, hingga radius 10 kilometer dari lereng gunung.

“Pada Sabtu (17/05/2014) , kami masih mendengar adanya suara dentuman keras hingga lima kali.” kata Wasiun, Kepala Dusun  (Kadus) Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, yang wilayahnya dibawah lereng gunung, saat dihubungi Minggu (18/05/2014).

Menurutnya setelah penurunan status Gunung Slamet dari level Siaga menjadi Waspada pada  12 Mei 2014 lalu, lontaran lava pijar atau material pijar sudah tidak terlihat lagi. Namun kepulan sapat hitam berupa material dan suara dentuman masih ada hingga kemarin.

Kepala Pos Pengamatan (Posmat)  Gunung Slamet di Gambuhan, Pemalang, Sudrajat, saat dihubungi Minggu (18/05/2014) dari Purwokerto, menjelaskan meski aktivitas vulkanik Gunung Slamet berangsur-angsur turun, tetapi statusnya masih waspada.

Menurutnya  walaupun aktivitasnya menurun, namun masih ada letusan abu. “Hingga kemarin letusan abu masih tetap ada, meski tidak terlalu kuat jika dibandingkan ketika statusnya siaga beberapa waktu lalu.” kata Sudrajat sambil mencontohkan dari empat kali letusan, hanya sekali yang melontarkan asap kelabu tebal. Namun lantaran belum ada penurunan status menjadi aktif normal, zona larangan di Gunung Slamet masih dua kilometer dari puncak

krjogja.com

=======================================================

Stok Beras DIY Aman Hingga Akhir Tahun

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY, Awaluddin Iqbal menyampaikan stok beras di gudang Bulog DIY aman mencapai 30 ribu ton yang cukup hingga November/ Desember 2014 mendatang. Selain itu masih ada pengadaan atau penyerapan beras dari mitra kerja Bulog DIY mencapai 22 ribu ton.

“Stok beras DIY sangat mencukupi menghadapi puasa maupun lebaran, bahan pasokannya mampu memenuhi hingga akhir tahun ini. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir stok beras aman-aman saja,” ujar Iqbal kepada KR, Minggu (18/5).

Iqbal menuturkan sejauh ini penyerapan beras dari petani lokal masih tinggi mencapai 300 sampai 400 ton per hari karena masih banyak panen. Sedangkan secara umum, Bulog DIY sudah mampu merealisasikan 30 persen beras dari target 2014 sebesar 65 ribu ton hingga bulan kelima ini.

“Penyaluran raskin juga lancar karena sudah mulai disalurkan bagi Rumah Tangga Sasaran (RTS) alokasi Mei pada bulan Mei juga. Sebelumnya kami telah menyalurkan jatah raskin tambahan pada Maret sampai April 2014 lalu,” tandasnya.

krjogja.com

=====================================================

Tim Thomas Indonesia Turunkan Formasi Terbaik Hadapi Singapura

Tim Piala Thomas Indonesia akan melakoni laga pertama di penyisihan grup A melawan Singapura. Pada pertandingan yang akan berlangsung Senin (19/5/2014), pukul 09.00 waktu setempat, skuad Merah-Putih menurunkan formasi terbaik dan akan dimotori oleh Tommy Sugiarto.

Tommy akan berhadapan dengan Zi Liang Derek Wong. Pertemuan ini akan menjadi pertemuan keempat buat kedua pemain dimana tiga pertemuan sebelumnya dimenangkan oleh Tommy. Dua slot tunggal putra diisi oleh Dionysius Hayom Rumbaka dan Simon Santoso.

Di sektor ganda putra ada pasangan terkuat dunia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang bakal menantang juara Malaysia Open Grand Prix Gold 2014, Danny Bawa Chrisnanta/Chayut Triyachart. Indonesia berpeluang besar untuk merebut poin kedua ini, namun segala kemungkinan bisa terjadi. Oleh karenanya, para pemain dihimbau untuk tetap mewaspadai lawan, meskipun lawan memiliki rangking yang lebih rendah.

“Kalau dari segi kemampuan, Hendra/Ahsan masih diatas pasangan Singapura, yang penting fokusnya dijaga terus. Danny/Chayut mungkin akan bermain nothing to lose, inilah yang mesti diwaspadai, kita yang unggulan tidak boleh terbebani. Biasanya pemain yang bermain lepas akan tampil baik,” kata Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra seperti dikutip dari situs resmi PP PBSI.

Nomor ganda putra memang menjadi nomor andalan untuk mengamankan poin. Angga Pratama/Rian Agung Saputro yang kini duduk di rangking 11 dunia, akan diturunkan sebagai ganda kedua mendampingi Hendra/Ahsan.

“Kalau Angga/Rian sudah terbukti kemampuannya di kejuaraan beregu. Pada Piala Sudirman 2013, Angga/Rian bisa mengalahkan Cai Yun/Fu Haifeng yang merupakan juara olimpiade,” ujar Herry.

tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + one =