FastBreak 2 Mei 2013 jam 14.00

FastBreak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara di halaman Gedung A, Kamis (2/5), guna memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dalam Upacara yang mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas dan Akses Berkeadilan” tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan permohonan maafnya atas pelaksanaan ujian nasional (UN) beberapa waktu lalu.

“Atas nama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya menyampaikan permohonan maaf atas persoalan penyelenggaran UN tingkat SMA tahun ini,” kata Nuh saat memberi sambutan di depan Gedung A, Kemdikbud, Jakarta.

“Hal ini harus dijadikan pelajaran yang sangat berharga dalam memberikan layanan pendidikan merata kepada masyarakat,” imbuh Nuh.

Selanjutnya, ia memaparkan pemilihan tema Hari Pendidikan Nasional kali ini menggambarkan kesungguhan dari pihak kementerian untuk mewujudkan layanan pendidikan yang menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan prinsip pendidikan untuk semua atau education for all.

“Pendidikan itu tidak membedakan asal usul, status sosial, ekonomi, dan kewilayahan,” ujar Nuh.

Untuk itu, tidak ada alasan karena wilayah yang terpencil kemudian pelayanan pendidikan menjadi tidak optimal dan tertinggal. Hal ini sempat ditunjukkan saat pelaksanaan UN tahun ini. Pihak kementerian mendahulukan distribusi ke wilayah terpencil agar sampainya bersamaan dengan yang di wilayah terdekat.

“Kami benar-benar fokus untuk memeratakan pendidikan di Indonesia, tidak hanya dari meratanya akses, tetapi juga biaya,” ujar Nuh.

“Sekali lagi, Selamat Hari Pendidikan Nasional,” tandasnya.
_________________________________

Wilayah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Gunung Kidul bagian selatan sudah mulai memasuki musim kemarau. Hal ini ditandai oleh intensitas curah hujan yang semakin menurun menjadi kurang dari 50 milimeter per dasarian.

“Ada variasi awal musim kemarau, dan Yogyakarta sudah memasuki musim kemarau. Untuk wilayah lain di DIY akan segera memasuki musim kemarau. Paling akhir adalah Sleman bagian utara,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta Tony Agus Wijaya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, musim kemarau pada tahun ini secara umum akan berlangsung dengan normal yaitu berakhir pada Oktober sehingga untuk daerah yang biasanya mengalami kesulitan air bersih sudah harus bisa melakukan antisipasi, khususnya pada puncak musim kemarau yang diperkirakan terjadi pada Agustus.

Daerah di DIY yang biasanya mengalami kesulitan air di antaranya Kabupaten Gunungkidul dan Sleman bagian timur. Suhu udara pada saat puncak musim kemarau juga diperkirakan cukup panas, bisa mencapai 34 derajat celcius pada siang hari dan pada malam hari sekitar 22 derajat celcius.

Meskipun musim kemarau diperkirakan berlangsung normal, namun Tony menyatakan, masih ada potensi terjadinya gangguan cuaca jangka pendek karena sifat cuaca yang cukup dinamis. Bentuk gangguan cuaca jangka pendek yang biasanya muncul, lanjut dia, adalah curah hujan yang cukup tinggi namun dalam waktu yang singkat dan hanya bersifat lokal.

Sebelumnya, PDAM Tirtamarta Yogyakarta menyatakan akan melakukan pengaturan aliran air apabila debit air menurun saat musim kemarau sehingga aliran air ke pelanggan menjadi lebih kecil saat puncak pemakaian. Biasanya terjadi penurunan debit 10-15 persen saat puncak musim kemarau.
_________________________________

Indonesia ternyata menjadi salah satu dari 7 destinasi impian di dunia. Hal ini berdasarkan dari poling jutaan member pengguna situs WAYN (Where Are You Now). Indonesia makin diminati oleh traveler dari berbagai belahan dunia.

Indonesia punya banyak tempat menakjubkan yang bisa jelajahi, ada Ampat di Papua Barat adalah surganya para penyelam, Bali dan Lombak cocok bagi Anda yang gemar bermain di pantai, Yogya punya segudang budaya yang tiada dua, dan masih banyak lagi kekayaan alam serta budaya. Tak heran, traveler mancanegara pun berlomba-lomba datang ke Indonesia

Dilansir dari situs resmi pariwisata Indonesia, Kamis (2/5), Indonesia terpilih menjadi salah satu destinasi impian di dunia berdasarkan poling para member YAWN yang berjumlah sekitar 21 juta orang.

WAYN sendiri merupakan situs jejaring sosial travel terbesar di dunia. Situs ini menampilkan destinasi-destinasi di seluruh dunia dan menjadi tempat berkumpulnya traveler-traveler dari berbagai negara.

Ada dua tahap dari pemilihan destinasi impian di dunia ini. Pertama, para member YAWN memilih banyak destinasi-destinasi di dunia sebagai destinasi impian. Setelah itu, YAWN menyeleksinya lagi hingga dapatlah 7 destinasi impian para treveler dunia.

Lalu, di dapatlah 7 destinasi impian traveler dunia yaitu Afrika Selatan, Fiji, Dubai (UEA), Indonesia, Brazil, India, dan Turki. Peringkat pertama ditempat Afrika Selatan, karena kehidupan para satwa liar yang menarik untuk dilihat langsung.

Indonesia sendiri menempati peringkat ketiga. Banyaknya pantai dan titik menyelam adalah alasan para traveler memilihnya. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak tempat untuk wisata adrenalin, seperti mendaki gunung. 9.000 Traveler dunia memilih Indonesia.

Jerome Touze (pendiri WAYN), menyatakan pemilihan destinasi ini sangat menarik. Sebabnya, destinasi favorit dipilih berdasarkan hasil voting pengguna WAYN. Setiap negara atau kota yang menjadi nominasi akan menerima US$ 70.000 atau sekitar Rp 680 juta untuk promosi global, dari total dana promosi sebesar US$ 500.000 atau sekitar Rp4,8 miliar yang dialokasikan khusus oleh WYAN.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan garis pantai terpanjang di dunia, mencapai 81.000 km persegi atau hampir 25% dari panjang pantai di dunia. Hal inilah yang membuat banyak pantai indah di Indonesia.

Indonesia juga menjadi rumah bagi kekayaan flora dan fauna, yang mencapai ribuan jenis berdiam dari lautan yang dalam hingga pegunungan es. Kekayaan terumbu karang Indonesia mencapai 18% dari total di dunia dan hutan bakaunya juga terbesar di dunia.

Untuk soal budaya, Indonesia punya lebih dari 740 suku bangsa atau etnis. Ini berarti, menjadikan Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang mencapai 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk.

Semoga dengan dipilihnya Indonesia sebagai destinasi terbaik di dunia, membuat turis mancanegara lebih tertarik datang ke Nusantara. Hal ini pun memberikan dampak positif tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia di mata dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 14 =