FastBreak 24 Oktober 2014 jam 14.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja : FastBreak

DIY Kirim Enam Atlet di Kejurnas Panjat Tebing

tebing (1)

Pengurus Daerah (Pengda) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DIY mengirimkan enam atlet untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing. Rencananya, even bergengsi panjat tebing tingkat nasional ini akan digelar di Aceh mulai 31 Oktober mendatang.

Sayang, jumlah enam atlet ini sebenarnya tidak sesuai dengan target pihak FPTI DIY yang sedianya ingin mengirim sepuluh atlet. Pasalnya, KONI DIY hanya menyetujui pengajuan atlet maksimal enam orang untuk diberangkatkan ke Aceh.

Para atlet tersebut, terdiri dari empat atlet putra dan dua atlet putri. Mereka adalah Sultoni, Omak Suraji, Ismu Nugroho, Wahyu Purnomo, Fitriani dan Tri Suryani. Kesemua atlet tersebut, selama ini masuk dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) Pra-PON KONI DIY selama beberapa waktu terakhir.

Sekretaris Umum FPTI DIY, Topan Faizal Rizal pada Kamis (23/10/2014),mengatakan jika persiapan sudah dilakukan dengan cukup intensif. Termasuk melalui program latihan hampir setiap hari di sirkuit panjat tebing SMAN 3 Yogyakarta.

“Semoga latihan kita selama beberapa waktu terakhir ini membuahkan hasil dan menorehkan hasil terbaik,” kata Topan.

tribunnews.com

========================================

Gunungkidul Darurat Kekeringan

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menetapkan status darurat kekeringan menyusul bencana kekeringan yang terjadi di hampir semua kecamatan. Status darurat ini ditetapkan sejak 16 September hingga 16 November 2014.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelakana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Ruti Sulasmi mengatakan bencana kekeringan sudah terjadi dihampir semua kecamatan.

Bantuan air bersih yang selama ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) serta pemerintah kecamatan belum bisa menyasar semua warga yang terdampak kekeringan.

Untuk itu, BPBD akhirnya mengajukan status siaga kekeringan kepada bupati Gunungkidul. Bupati Gunungkidul, Badingah akhirnya menetapkan status bencana kekeringan dengan mengeluarkan keputusan bupati nomor 229/KPTS/2014 tetang Penetapan Status Siaga darurat Kekeringan.

“Pemerintah sudah menetapkan status siaga darurat kekeringan sejak 16 September lalu,” katanya usai melepas bantuan air bersih kepada 32 desa di 14 kecamatan di Bangsal Sewokoprojo, Kamis (23/10/2014).

tribunnews.com

============================================

Pendaftaran Calon Hakim MK dari MA Diperpanjang

Mahkamah Agung memperpanjang pendaftaran seleksi calon hakim konstitusi yang berasal dari lingkungan MA. Mahkamah memperpanjang pendaftaran sampai 31 Oktober dari rencana awal ditutup pada 22 Oktober 2014.

“Karena baru tujuh pendaftar dan panitia seleksi melihat ini baru sedikit sekali,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Ridwan Mansyur kepada Tempo, Kamis, 23 Oktober 2014. “Sehingga kami memutuskan untuk memperpanjang.”

Tujuh orang yang baru mendaftar itu adalah hakim Pengadilan Tinggi Jayapura, Muslich Bambang Luqmono; Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Manahan M.P. Sitompul, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya M. Rum Nessa; hakim tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Arifin Marpaung; Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh Nardiman; dan hakim Pengadilan Tinggi Denpasar, Suhartoyo. Tambahan satu lainnya adalah Ahmad Fadlil Sumadi, yang saat ini masih menjabat sebagai hakim konstitusi.

Ridwan menyarankan kepada hakim tinggi lainnya untuk segera mendaftarkan diri sebagai hakim konstitusi. Musababnya, awal 2015, seluruh nama yang lolos seleksi akan segera diserahkan ke Mahkamah Konstitusi.

Mahkamah Konstitusi membutuhkan dua hakim yang akan menggantikan Muhammad Alim dan Ahmad Fadlil Sumadi. Keduanya merupakan hakim konstitusi dari unsur Mahkamah Agung dan akan memasuki masa pensiun pada awal tahun depan.

Sesuai dengan Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang MK, lembaga itu mempunyai sembilan orang anggota hakim konstitusi yang ditetapkan dengan keputusan presiden. Sembilan hakim tersebut berasal dari unsur lembaga, yakni Mahkamah Agung, Dewan Perwakilan Rakyat, dan presiden atau pemerintah.

tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − one =