FastBreak 26 November 2013 jam 17.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja : FastBreak

Wakil Bupati (Wabup) Sleman Yuni Satia Rahayu sempat kebingungan karena munculnya silang pendapat dari sejumlah ahli vulcanologi. Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Subandriyo menegaskan bahwa letusan Merapi Senin (18/11/2013) pagi merupakan letusan freatik sesaat. Sedangkan mantan Kepala Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono menilai letusan itu ialah letusan magmatis sebagai tahap awal fase baru Merapi. “Saya bingung kenapa ada dua pendapat yang berbeda. Statusnya yang benar itu yang mana?,” keluh Yuni yang rela ikut serta mewawancarai Kepala BPPTKG Yogyakarta demi mendapatkan informasi yang valid terkait status Merapi, Senin (25/11/2013) di Kantor BPPTKG Yogyakarta.

Wanita berkacamata itu mengenakan setelan kemeja putih casual sehingga terlihat layaknya wartawan lain yang mengelilingi Subandriyo siang itu. Ia juga tak segan mengajukan sejumlah pertanyaan atas kondisi Merapi pascaletusan. Bahkan, Kepala BPPTKG Subandriyo sempat terkejut mengetahui wanita itu ialah Wakil Bupati Sleman. “Sebagai pemimpin saya harus tahu. Semenjak muncul statemen Mbah Rono soal Merapi, saya bingung. Masyarakat juga banyak yang bertanya-tanya,” tuturnya.

Antusiasme Yuni itupun mendapatkan jawaban tegas dari Subandriyo. Berdasarkan hasil penelitian terhadap endapan material Merapi maupun pantauan langsung kondisi puncak, status Gunung paling aktif di dunia itu dinyatakan normal. Untungnya kebingungan itu belum berdampak pada kepanikan di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman saat menentukan kebijakan atas kondisi Merapi. Masyarakat memang sempat mengungsi sesaat setelah terjadi letusan. Namun, beberapa waktu kemudian mereka sudah kembali ke kediaman masing-masing. Yuni tidak memungkiri jika hingga saat ini pihaknya belum berhasil membujuk warga agar pindah dari lokasi-lokasi yang berbahaya.

Pemkab bekerjasama dengan berbagai pihak sudah berulangkali melakukan sosialisasi, tapi belum berdampak banyak. Untuk sementara, ia fokus untuk memperbaiki jalur-jalur evakuasi untuk menyelamatkan warga saat kondisi kritis. Rencana perbaikan jalur evakuasi itu juga telah dianggarkan dalam APBD 2014, meski ia tidak hafal berapa besarannya. “Kami juga mencoba membenahi jalur tambang, agar terpisah denga jalur evakuasi warga,” tutur Yuni. __________________________________________________

Masih ingat dengan permainan Tamagotchi yang booming pada tahun 1990-an? Ya permainan yang mengetengahkan karakter binatang piaraan ini ternyata akan dirilis ulang oleh produsennya, Bandai asal Jepang. Kini Bandai memang dikabarkan tengah memperbaharui Tamagotchi, yang tentu saja diseusaikan dengan kebutuhan permainan di jaman sekarang. Namun begitu, ciri khas Tamagotchi dengan grafis sederhananya akan tetap dipertahankan oleh Bandai. Cukup membantu anda untuk sedikit bernostalgia.

Di versi terbaru Tamagotchi yang akan dirilis pada tahun 2014 ini, Bandai menciptakan koneksi yang bisa terhubung antar Tamagotchi atau antar binatang piaraan yang satu dengan yang lainnya. Sehingga dengan demikian keduanya bisa saling berinteraksi. Adapun, Tamagotchi sendiri merupakan permainan sederhana berupa binatang virtual yang pertama kali dirilis pada tahun 1996 silam. Saat itu, permainan yang digemari anak sekolahan ini membukukan penjualan dengan angka yang fantastis yakni mencapai 79 juta unit berhasil terjual di seluruh dunia hingga tahun 2010. Permainan ini memang cukup mengasyikan di jaman belum boomingnya perangkat digital gadget seperti sekarang ini. Si pengguna seolah memiliki binatang piaraan sendiri yang harus diberi makan, dimandikan, dirawat jika sakit, diajak bermain supaya gembira, dan hal ini berlangsung sejak ia “dilahirkan” hingga kemudian mati.

Pada versi awal, Tamagotchi tak memiliki fitur pause, sehingga pengguna harus mengeceknya tiap 30 menit sekali apakah binatang piaraannya itu lapar, sakit, tidur atau dalam kondisi lainya. Bahkan jika kepalaparan, binatang itu bisa mati. “Sebagian memiliki nilai fesyen, sebagian lagi mengusung nilai persahabatan, ada juga semangat untuk berinteraksi dan semuanya ini mengasyikan. Tamagotchi versi terbaru ini akan memadukan beberapa fitur menarik tapi tetap mengusung permainan binatang piaraan virtual yang sederhana dengan sisi permainan yang tentu saja mengasyikan juga. Kami yakin hal ini akan kembali memancing minat penggemarnya,” demikian keterangan dari Bandai sebagaimana yang dilansir Dailymail.
____________________________________________________

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyampaikan tak akan mencekal Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik untuk bepergian ke luar negeri. Hal itu disampaikannya setelah KPK memeriksa Jero terkait penyidikan kasus dugaan suap di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Abraham menjelaskan, KPK tidak mencekal Jero atau menteri lain yang terkait dengan penyidikan suatu kasus korupsi karena KPK yakin yang bersangkutan tak akan melarikan diri. Salah satu indikatornya adalah karena KPK percaya bahwa semua menteri tak akan meninggalkan negerinya, terlebih banyak tugas negara yang harus diembannya.

“Kalau menteri kan enggak perlu dicekal karena dia punya tugas di negeri ini yang tidak memungkinkan dia bepergian ke luar negeri untuk melarikan diri,” kata Abraham, sesaat sebelum menghadiri sebuah seminar politik di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Seperti diberitakan, hari ini, KPK menjadwalkan pemeriksaan Jero Wacik terkait penyidikan kasus dugaan suap di SKK Migas. Jero akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini.

Sebelumnya, KPK telah mencegah ajudan Jero, I Gusti Putu Ade Pranjayam, untuk bepergian ke luar negeri terkait kasus ini. KPK juga telah tiga kali memeriksa Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Waryono Karno sebagai saksi dalam kasus yang sama.

Dalam pemeriksaan, Waryono dikonfirmasi mengenai sejumlah hal, termasuk penemuan uang 200.000 dollar AS saat penggeledahan KPK di kantor Waryono beberapa waktu lalu. Penggeledahan dilakukan terkait penyidikan kasus SKK Migas. Menurut Jero, uang 200.000 dollar AS di ruangan Waryono itu kemungkinan uang operasional. Namun, KPK meyakini uang itu bukanlah uang operasional, melainkan masih berkaitan dengan kasus yang menjerat Rudi.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Rudi Rubiandini, pelatih Golf Rudi bernama Deviardi, dan komisaris PT Kernel Oil Private Limited Simon G Tanjaya sebagai tersangka. Dalam pengembangannya, Rudi dan Deviardi alias Ardi dijadikan tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Adapun Simon telah lebih dulu menjalani persidangan. Dia didakwa bersama-sama Widodo Ratanachaithong memberi atau menjanjikan sesuatu berupa uang 200.000 dollar Singapura dan 900.000 dollar AS kepada Rudi melalui Deviardi alias Ardi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =