FastBreak 27 Desember 2013 jam 10.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja : FastBreak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menegaskan mulai 2014 mendatang ujian nasional tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dihapus. “UN SD diganti ujian sekolah,” kata Nuh, saat berkunjung ke Pondok Pesantren Jarongan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Kamis, 26 Desember 2013.

Menurut Nuh penghapusan UN di tingkat SD dan MI ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2012. Dalam PP itu dijelaskannya bahwa pelaksanaan ujian sekolah pengganti UN diserahkan kepada masing-masing provinsi. “Lulus tidak siswa diserahkan kepada masih-masih sekolah,” ujarnya.

Kendati UN dihapus, lanjut Nuh, untuk pembuatan soal ujian masih ditentukan secara nasional oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Hanya saja, dalam muatan materi soal, komposisi tetap menganut sistem 25 persen bahan dari pusat dan 75 persen dibuat masing-masing daerah.

“Komposisi ini penting untuk menjaga standar kelulusan karena setiap daerah mempunyai kualitas pendidikan yang berbeda,” ungkapnya.
_____________________________________________________

– Badan Meteorologi Inggris akan mulai memberikan prakiraan cuaca di angkasa luar selama 24 jam.

Prakiraan pertama dijadwalkan akan dikeluarkan pada April 2014. Pelayanan ini bertujuan membantu kalangan bisnis dan pemerintah dengan menyediakan peringatan dini tentang badai matahari yang dapat mengganggu satelit, komunikasi radio dan jaringan listrik di Bumi.

Departemen Bisnis akan mendukung proyek ini dengan menyediakan dana sebesar £4,6 juta atau setara dengan 91,5 miliar selama tiga tahun mendatang.

Proyek dikembangkan oleh Badan Geologi Inggris, Universitas Bath dan RAL Space.

Badan Meteorologi Inggris akan mengembangkan cara-cara lebih baik untuk memprakirakan cuaca di angkasa luar atas kerja sama dengan Badan Atmosfer dan Kelautan Nasional Amerika Serikat.

Cuaca di angkasa luar digerakkan oleh partikel-partikel energi dari matahari. Semburan matahari dan letusan di atmosfer matahari merupakan sumber kuat terjadinya badai matahari yang berpotensi menimbulkan kerusakan besar.

Salah satu contoh terjadi di Quebec pada 1989 ketika listrik padam dalam skala besar.
Aktivitas matahari mencapai puncak setiap 11 tahun sekali ketika emisi surya lebih hebat.
____________________________________________________

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku sudah tidak sabar untuk berduet dengan raja dangdut Rhoma Irama pada malam pergantian tahun (31/12/2013) mendatang. Rencananya, mereka akan menyanyikan single andalan Rhoma, “Darah Muda”.

“Lagunya dipilih ‘Darah Muda’ karena saya masih muda, he-he-he,” kata Jokowi seusai meninjau Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Penyuka musik cadas itu mengaku baru menghafal liriknya sedikit. Namun, ia menjamin pada hari H nanti, Jokowi dapat mengimbangi keahlian Rhoma dalam mendendangkan lagu dangdut. Bak seorang pedangdut andal, ia pun mendendangkan “Darah Muda”.

“Darah muda… Darahnya para remaja….,” lantunnya.

Rencananya, pada malam pergantian tahun atau Jakarta Night Festival 2013, Jokowi akan kembali turut serta dalam perayaan itu. Ia akan kembali menyapa masyarakat Jakarta.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan, apakah ia akan berjalan kaki, menggunakan kuda, atau menggunakan kereta yang telah dibeli Pemprov DKI. Semua itu harus dikaji detail agar tidak menyulitkan masyarakat banyak.

“Jangan sampai nanti kita keluar malah menggangu masyarakat atau kudanya terganggu terus ngamuk, wah repot semuanya,” kata alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, akan ada tiga raja yang memeriahkan panggung Jakarta Night Festival 2013. Tiga raja itu antara lain raja dangdut Rhoma Irama, grup band Radja, dan raja Joko Widodo. Menurut Arie, yang membedakan penyelenggaraan tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah adanya pentas seni pelajar di antara satu panggung dengan panggung lainnya.

Di samping itu, para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berdagang di Kaki Lima Night Market juga akan digeser ke sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin. Di sana, akan tersedia sebanyak 300 kuliner dan 100 kerak telor.

Kirab budaya akan dimulai dari Balaikota Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Selama acara, Jalan Medan Merdeka Barat (gedung Indosat) hingga Dukuh Atas akan ditutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + ten =