FastBreak 30 Oktober 2014 jam 17.00

FastBreak

Unisi Radio Jogja : FastBreak

Sepuluh Tahun Lagi Semua Negara Punya Drone

DRONE

Pesawat nirawak atau drone kian menjadi kebutuhan bagi sistem pertahanan. Tidak hanya negara, bahkan kini pasukan militan bersenjata menggunakan drone untuk penyerangan ke wilayah musuh, seperti Hizbullah di Libanon.

Melihat tren saat ini, pengamat mengatakan bahwa dalam waktu 10 tahun lagi, hampir semua negara akan menguasai teknologi drone, termasuk yang berkemampuan untuk menghancurkan dan menyerang.

Beberapa negara saat ini sudah memiliki drone, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Israel, Iran, Pakistan dan Tiongkok. Negara seperti Korea Selatan dan India sebentar lagi akan masuk di deretan negara pemilik drone.

Menurut lembaga think tank pertahanan RAND, saat ini ada sekitar 23 negara yang tengah mengembangkan atau sudah membuat drone bersenjata.

Indonesia sendiri tengah mengembangkan drone, namun bukan untuk tujuan penyerangan tetapi untuk pengawasan perbatasan.

Menurut Noel Sharket, professor intelijen artifisial dan robot di Universitas Sheffield, Inggris, Mei lalu kepada Defense One, sebuah media yang khusus membahas soal militer dan ketahanan Amerika, Tiongkok akan segera memproduksi drone secara massal dan menjualnya ke seluruh negara.

“Jika negara seperti Tiongkok mulai mengekspornya, maka drone akan ada dimana-mana dengan cepat. Dalam waktu 10 tahun, semua negara akan punya drone. Tidak ada yang ilegal soal ini, kecuali kau menggunakannya untuk menyerang negara lain,” kata Sharkey.

Amerika Serika sendiri punya anggaran khusus untuk mengembangkan teknologi drone, yaitu sebesar US$2,4 miliar pada tahun 2015.

Desember lalu, Kementerian Pertahanan AS mengeluarkan rencana jangka panjang 25 tahun, salah satunya adalah membuat sistem nirawak yang akan diturunkan di setiap medan perang.

Drone yang menjadi salah satu fokus AS, kendati anggaran pertahanan mereka disunat US$487 miliar dalam 10 tahun ke depan, menandakan pentingnya teknologi ini dalam perang di masa depan.

Korban sipil

AS sendiri telah menggunakan drone dalam mengincar tersangka teroris di Pakistan, Afganistan dan Yaman, salah satunya adalah MG-9 Reaper yang bisa terbang berjam-jam dalam mencari targetnya dan menyerangnya dengan bom dengan pemandu laser.

Namun kelemahan terbesar teknologi penyerangan ini adalah ketidakmampuannya mengurangi jumlah korban tewas, termasuk warga sipil yang turut meregang nyawa dalam misi perburuan teroris.

Menurut lembaga Biro Investigasi Wartawan, CIA di bawah pemerintahan Obama telah melancarkan 383 serangan drone si Pakistan antara 2004 hingga 2014, menewaskan warga sipil antara 416 hingga 957 orang, 168 di antaranya anak-anak.

Oktober tahun lalu, Human Right Watch mengecam serangan drone AS di Yaman.

Menurut HRW, enam dari 80 serangan drone AS di Yaman telah menewaskan 82 orang, 57 di antaranya, atau 70 persen, adalah warga sipil.

cnnindonesia.com

=========================================

Dua Bulan Jelang Tahun Baru, Pemesan Tiket Kereta Melonjak

Libur Natal dan Tahun Baru 2015 masih dua bulan lagi, tetapi permintaan pemesanan tiket sudah mulai meningkat. Bahkan untuk tiket pemberangkatan pada 28 Desember 2014 untuk tujuan Jakarta sudah ludes terjual.

“Untuk KA tujuan Jakarta pada 28 Desember 2014 sudah terjual semua, seperti KA Senja Utama Solo, Fajar Utama Jogja, Bogowonto, Gajahwong, Bengawan, dan Argo Dwipangga,” kata Manager Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Bambang S. Prayitno, Kamis 30 Oktober 2014.

Sementara itu, untuk tujuan Bandung dan Surabaya masih tersedia rata-rata di atas 100 tempat duduk.

Oleh karena itu, Bambang mengimbau, supaya masyarakat yang akan menggunakan jasa kereta api untuk segera memesan tiket.

“Pemesanan tiket 90 hari dari pemberangkatan memberikan waktu jauh-jauh hari pengguna jasa kereta mendapatkan tiket kereta api, disesuaikan hari dan tanggal yang diinginkan,” jelasnya.

Bambang menuturkan, masyarakat Purworejo dan sekitarnya, mulai 1 November 2014 sudah bisa menikmati kembali naik kereta dari Purworejo.

Karena, KA Bogowonto dan KA Jaka Tingkir jurusan Jakarta mulai awal bulan depan akan berhenti di Stasiun Jenar, Purworejo.

Sebelumnya, kereta tujuan Jakarta tersebut, tidak berhenti untuk melayani penumpang dari dan ke Stasiun Jenar Purworejo.

“Perubahan tersebut untuk memenuhi permintaan pasar dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Purworejo. Masyarakat yang akan datang maupun berangkat bisa dari Stasiun Jenar. Semoga kereta yang berhenti di Stasiun Jenar ini dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi masyarakat yang hendak bepergian ke Purworejo.

Masyarakat dari Yogyakarta dan Solo, lanjut Bambang, bila hendak berkunjung ke Purworejo dapat menggunakan KA Jaka Tingkir dan KA Bogowonto.

Dengan demikian, konektivitas sarana transportasi di Jateng bagian timur, Yogyakarta serta Jawa Tengah bagian barat dapat lebih optimal dan marak lagi.

“Untuk KA Joko Tingkir relasi Lempuyangan-Pasar Senen PP berjalan setiap Selasa, Kamis dan Sabtu dengan tarif flat Rp95 ribu. Sementara itu, untuk KA Bogowonto relasi Purwosari-Pasar Senen ini melayani setiap hari, dengan tarif fluktuatif antara Rp150 ribu sampai Rp225 ribu,” jelasnya. (art)

viva.co.id

===========================================

Semifinal Digelar di GBK, Selasa Pekan Depan

Laga semifinal ISL 2014 akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (4/11/2014) mendatang.

Laga semifinal pertama berlangsung pada pukul 15:30 WIB, akan mempertemukan Persipura sebagai juara Grup K, menghadapi runner-up Grup L.

Sedangkan di semifinal kedua, akan bertemu Persib Bandung (Juara Grup L) menghadapi Arema Indonesia (Runner-up Grup K), yang digelar setelah laga semifinal pertama, di hari yang sama.

“Semifinal dan final akan tetap digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kemarin kami sudah menggelar pertemuan di Mabes Polri, dan hasilnya sangat positif, bahkan Kepolisian RI akan mensupport penuh gelaran semifinal dan final ISL 2014 di Jakarta,” ungkap Tigorshalom Boboy, Ketua panpel semifinal dan final ISL 2014 di Jakarta, seperti dilansir dari laman resmi LigaIndonesia, Kamis (30/10/2014).

Lebih lanjut, Tigor menyatakan, panpel semifinal dan final sudah bergerak untuk melakukan persiapan yang serius. Masing-masing bidang dalam panpel, sudah melakukan action, demi suksesnya gelaran puncak kompetisi Indonesia Super League 2014 ini.

Sementara itu, laga final sendiri akan berlangsung pada tanggal 7 November di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kick-off final akan berlangsung pada pukul 19:00 WIB. Dan, tidak ada laga perebutan tempat ketiga.

Seperti diketahi, tiga tim sudah memastikan diri ke semifinal ISL 2014. Saat ini, satu tempat lagi masih dinantikan dari Grup L, yang akan melakoni laga terakhirnya sore ini [Kamis (30/10/2014)].

Persib Bandung, kendati masih menyisakan satu laga lagi melawan Pelita Bandung Raya sore ini, sudah memastikan diri sebagai juara grup L. Posisi runner-up Grup L, baru bisa diketahui usai laga antara Mitra Kukar dan Persebaya di Stadion Aji Imbut yang digelar bersamaan dengan Pelita Bandung Raya kontra Persib sore ini.

harianjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =