FastBreak 7 November 2014 jam 10.00

FastBreak

Mobil Amien Ditembak, PAN Se-Yogya Diminta Waspada

mobil amin

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional Kota Yogyakarta Heru Purwadi menginstruksikan semua kader dan simpatisan Partai Amanat Nasional di wilayah Kota Yogyakarta dan kabupaten lain DIY siaga menyusul teror penembakan ke kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Amanat Nasional Amien Rais, Kamis, 6 November 2014.

“Semua kami minta waspada dan mengamankan diri masing-masing,” kata Heru kepada Tempo, Kamis, 6 November 2014.

Pada Kamis dinihari, terjadi teror penembakan terhadap kediaman Amien Rais. Mobil milik Amien yang terparkir di garasi ditembak orang tak dikenal. Saat kejadian, Amien Rais masih tidur.

“Teror seperti ini sudah di luar batas dan membuat perasaan orang benar-benar tak aman,” ujar Heru. Meski demikian, Heru tak mau berspekulasi jauh soal motif penembakan itu, apakah ada kaitannya dengan aktivitas politik Amien Rais.

Amien sempat menjadi kontroversi terutama terkait dengan pernyataan-pernyataannya selama pemilu presiden lalu. Sehubungan dengan instruksi untuk semua kader dan simpatisan PAN, Heru mengatakan akan berkoordinasi dengan semua pengurus dalam waktu dekat.

PAN merupakan partai yang termasuk memiliki basis massa paling besar di Yogyakarta. Kursi-kursi yang diraih di parlemen saat pemilu legislatif, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, selalu berkejaran dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

tempo.co

====================================

Jembatan Selat Sunda Tak Punya Identitas Bangsa

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Andrinof Chaniago, mengatakan proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda batal dibangun karena tidak sesuai dengan identitas negara maritim milik Indonesia. “Yang diperlukan itu penambahan dermaga dan penambahan kapal baru sehingga kapal tua dapat digantikan,” ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 6 November 2014.

Dia mengatakan JSS saat ini belum diperlukan. Apalagi peraturan presiden masih sebatas badan pengelola jembatan, bukan peraturan presiden untuk membangun. Andrinof menegaskan, terminal penumpang akan dibangun di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. “Kalau tidak di-apa-apain tidak akan ada utang juga di situ,” ujarnya. (Baca: Proyek Jembatan Selat Sunda Batal, Ini Gantinya)

Andrinof mengatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo akan melanjutkan proyek-proyek yang dirasa bermanfaat bagi masyarakat banyak. “Lebih penting jalan Tol Trans Sumatera untuk dibangun. Apalagi kalau menguntungkan masyarakat banyak. Kalau tidak ada masalah yang ditimbulkan di seluruh wilayah tentu akan dibangun,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan tanpa dukungan pemerintah, proyek Jembatan Selat Sunda tidak mungkin berjalan. Sofyan juga menilai Jembatan Selat Sunda sejak awal penuh dengan kontroversi. Karena itu, Sofyan memikirkan pengganti jembatan yang bisa menghubungkan wilayah Jawa dan Sumatera.”Yang penting adalah memperluas dan membuat terminal penyeberangan baru dan dilengkapi kapal yang lebih cepat,” ujarnya.

tempo.co

==================================

Menteri Sofyan Pastikan Harga BBM Naik Bulan Ini

Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil memastikan pemerintah akan menaikkan harga bahan bakar minyak pada November ini. “Iya, benar bulan ini,” ujar Sofyan di gedung KPK, Kamis, 6 November 2014. (Baca: BI: BBM Naik Rp 3.000, Inflasi Naik 3,86 Persen)

Sayangnya, dia enggan mengungkapkan besaran kenaikan harga BBM tersebut. “Nanti, nanti, ya,” kata mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara itu. Dia juga enggan menjelaskan ihwal usulan kenaikan harga Premium sebesar Rp 3.000 per liter. “Enggak, saya enggak dengar. Nanti diumumkan,” kata Sofyan. Dia hanya menegaskan bahwa pemerintah memilih mengalokasikan subsidi bahan bakar minyak dari sektor yang tidak produktif ke yang lebih produktif.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya memastikan kebijakan pengurangan subsidi bahan bakar minyak akan dilaksanakan pada November tahun ini. Menurut dia, seluruh proses telah siap. Pemerintah tinggal menunggu penyebaran Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera sebagai perlindungan sosial kebijakan tersebut.

Kalla belum memastikan apakah kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi akan dilakukan bertahap atau sekaligus. Menurut dia, kenaikan harga bahan bakar minyak bertujuan memangkas subsidi dan mengurangi selisih harga BBM dengan harga minyak dunia. Saat ini pemerintah masih menggodok formula perhitungan penurunan subsidi.

tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 18 =