Jagongan Media Rakyat Kembali Digelar

Jogja Dab!

Unisi Radio Jogja: Jogja Dab!

Diskusi Jurnalisme dan Data di Era Digital

Hore! Jogja Media Rakyat (JMR) 2016 kembali digelar! Tahun ini, JMR 2016 berlangsung selama empat hari sejak tanggal 21 April-24 April 2016. Nah Reporter Unisi, berkesempatan untuk dateng di hari ketiga pelaksanan JMR 2016, yaitu pada hari Sabtu (23/4) lalu.

Acara dimulai dari jam  08.30 pagi dengan acara rembug prakarsa di panggung utama. Tema yang diangkat yaitu  “Menjelajahi Inisiatif, Menganyam Kemandirian Komunitas”, dengan mendatangkan narasumber kece-kece. Antara lain Dandhy Dwi Laksnono seorang jurnalis video seperti Ekspedisi Indonesia Biru dan WatchDoc, serta M. Hatta pegiat radio komunitas MGM FM Borobudur. Ada juga  Mila Rosinta seorang penari dan koreografer kenamaan dari Yogyakarta dan John Bamba dari Credit Union Gemalaq Kemisia.

Sore harinya berbagai agenda diskusi  juga dilaksanakan di masing-masing ruangan yang telah disediakan. Agenda diskusi ini melibatkan berbagai komunitas seperti Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) yang bawain tema “Penyiaran Kebencanaan untuk Indonesi Tangguh”, yang dilanjutkan dengan sharing dari masing-masing pengelola radio komunitas saat menghadapi bencana di daerahnya. Selanjutnya PINDAI dengan tema “Jurnalisme dan Data di Era Digital”, serta pemutaran film dokumenter karya berbagai komunitas di Indonesia.

Pasar Komunitas

FYI, Jagongan Media Rakyat ini udah kali keempat digelar dan merupakan acara dua tahunan yang sudah  diadakan sejak 2010.  Acara ini diinisiasi oleh COMBINE Resource Institution yang bertujuan membahas isu-isu sosial kemasyarakatan dengan informasi sebagai mediumnya. JMR 2016 menyuguhkan 25 isu bahasan dengan 32 diskusi dan pameran oleh 25 komunitas seperti Jalin Merapi, AJI Yogyakarta, Survive Garage dan Change.org.

[teks: Elfi | editor: Ulinaizna]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =