Kontes Robot Nasional Wilayah DIY Jateng Digelar di UII

News

Campus Reporting News, 25 April 2013

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud resmi menunjuk Universitas Islam Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kontes Robot Nasional Regional III untuk wilayahDIY dan Jawa Tengah yang diselenggarakan 4 Mei 2013 mendatang.

Kontes Robot ini diikuti oleh 71 tim dari 23 Universitas di Wilayah DIY Jateng yang telah lolos seleksi tahap II oleh Dikti. Jumlah peserta yang berasal dari mahasiswa S1 berbagai universitas ini mencapai 260 orang didampingi 71 dosen pebimbing.

Kompetisi robot ini dibagi dalam lima jenis pertandingan, meliputi Kompetisi Robot Indonesia (KRI), Kompetisi Robot Pemadam Api Beroda (KRPAI Beroda), Kompetisi Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI Berkaki), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

Ketua Pelaksana, Izzati Muhimmah, ST, MSc, PhD mengatakan kepercayaan yang diberikan Dikti kepada UII sebagai penyelenggara karena UII beberapa tahun terakhir tidak pernah absen mengikuti kompetisi paling bergengsi untuk mahasiswa-mahasiswa teknik ini. Bahkan, pada tahun 2012 lalu salah satu tim dari UII yaitu Admiral Unisi lolos hingga ke tahap Nasional.

“Menggelar kontes sebesar ini merupakan suatu tantangan dalam kondisi perekonomian dan kerumitan brirokrasi saat ini. Namun dengan sarana prasarana yang ada di dalam kampus UII dan engan dukungan semua pihak, insya Allah UII siap” ujarnya Rabu, (24/4) di gedung Fakultas Teknologi Industri UII.

Juru bicara Fakultas Teknik Industri UII, Jerry Irgo menjelaskan bahwa UII akan mengikuti seluruh kategori lomba. Tim Elemen Unisi akan berlaga dalam divisi KRI. Tim Ksatria Unisi akan bertanding dalam divisi KRSBI dengan mempersiapkan tiga robot humanoid. Tim Abunawas Unisi membangun robot mirip laba-laba berkaki empat yang akan berlaga dalam divisi KRPAI Berkaki. Tim Admiral Unisi yang siap dengan robot beroda tank akan meramaikan kompetisi dalam divisi KRPAI Beroda. Sedangkan Tim Icon Unisi dengan robot humanoid berkepala hanoman akan mengikuti lomba dalam divisi KRSI.

“Tim robot UII sudah dibentuk yang bergabung dalam Tim Unisi Robotics. Mereka meliputi mahasiswa dari tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Informatika,” kata Jerri.

Sementara itu KRN Regional III tahun ini menggunakan simbol Hanoman sebagai maskot. Karakter Hanoman ini dipilih karena bersifat setia, gesit, lincah, cerdik, dan taktis. Armor biru melambangkan ketangguhannya. Tali berwarna merah melambangkan keberanian. Ekspresi wajahnya selalu ingin tahu dan percaya diri mengambil resiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + seven =