FAST BREAK 4 OKTOBER 2018

FastBreak

Lama Kosong, Bioskop Permata Akan Dimanfaatkan Kembali
Dikutip dari Tribun Jogja, Dinas Kebudayaan DIY melalui Balai Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya akan melakukan pemugaran pada Bioskop Permata. Kasi Balai Pelindungan dan pengembangan Balai PWBCB Dinas Kebudayaan DIY, Agus Suwarto mengatakan aset Puro Pakualaman itu nantinya akan dijadikan untuk pusat dokumentasi dan informasi film. Ia menjelaskan pemanfaatan bioskop permata menjadi pusat dokumentasi dan informasi film merupakan permintaan dari Puro Pakualaman.

Minahasa Tenggara Siaga Satu Antisipasi Erupsi Besar Soputan
Dikutip dari CNN Indonesia, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara memberlakukan status siaga satu erupsi Gunung Soputan. Dengan status itu, pemkab pun mengantisipasi letusan besar gunung setinggi 1.784 meter itu dengan penanganan bencana. Pemkab Minahasa memberlakukan status itu berdasarkan pengalaman yang terjadi pada letusan Gunung Soputan sebelumnya. Pemkab telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk bersiaga dan penanganan bencana selama terjadi erupsi. Selain itu, antisipasi dan penanganan bencana, saat ini semua jalur pendakian Gunung Soputan telah ditutup dengan penjagaan ketat aparat keamanan.

Lestarikan Batik, Organisasi Dunia Puji Jogja
Presiden dari World Craft Council – Asia Pacific Region (WCC – APR), Dr. Ghada Hijjawi-Qaddumi mengapresiasi keseriusan Jogja untuk mempertahankan gelar Kota Batik Dunia yang disematkan sejak 2014 lalu. Hal itu ditunjukkan melalui penyelenggaraan acara akbar dua tahunan Jogja International Batik Binneale (JIBB) dan pertisipasi aktif dalam pameran berkala internasional lainnya. Ghada mengatakan hanya Jogja yang punya usaha lebih untuk mempertahankan gelar empat tahunan ini. Yakni dengan mengadakan JIBB dan memasukkannya dalam kalender tahunan sebagai pengingat. Ghada menilai diadakannya JIBB juga merupakan indikasi masyarakat Jogja maupun pemerintahannya terus aktif melestarikan bahkan terus mengembangkan batik sebagai salah satu kerajinan yang telah mengakar dalam budaya bangsa sejak lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + nineteen =