Launching Dies Natalis UNY Pamerkan Mobil Listrik Karya Tim Garuda

News

Campus Reporting News, 28 Februari 2013

Universitas Negeri Yogyakarta akan memamerkan mobil listrik karya mahasiswa UNY pada launching Dies Natalis ke-49 yang akan berlangsung 1 Maret 2013. Bogi Power Car, FECAR, dan UNY EVO (electric vehicle odyssey) adalah 3 mobil listrik karya mahasiswa UNY selama 4 tahun terakhir ini. Selain dipamerkan, ketiga mobil listrik tersebut juga akan dikendarai oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.A dan staff UNY .

Mobil-mobil listrik ini telah meraih prestasi di tingkat nasional, yakni juara umum I dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) pada tahun 2010, 2011, dan 2012; menjadi runner up dalam Indonesia Electric Vehicle Competition tahun 2009; dan beberapa juara kategori dalam KMLI.

Pada tahun 2013 ini, Tim Mobil Listrik Garuda UNY dan mobil listrik UNY EVO akan mengikuti kompetisi mobil listrik internasional “2013 International Student Green Car Competition”. Kompetisi yang akan diikuti oleh tim yang di sponsori oleh Garuda Indonesia dan Cargo Garuda Indonesia ini akan diselenggarakan pada 24-25 Mei 2013, di Songsan-myeon Hwaseong Gyeonggi-Do, Korea Selatan.

Ketua Tim Mobil Listrik Garuda UNY, Ahmad Yulianto menerangkan bahwa tim yang beranggotakan 20 orang ini merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut. Ia juga menerangkan bahwa pada perlombaan tersebut, mobil yang dikategorikan dalam mobil balap ini akan dinilai dari segi manuver, acceleration, endurance, dan creative technology.

Ahmad menambahkan, dengan berbekal pengalaman dan kemampuan selama mengikuti kompetisi mobil listrik tingkat nasional, tim mobil listrik Garuda UNY akan berusaha untuk mendapatkan hasil terbaik dalam kompetisi tersebut untuk menunjukan kemampuan bangsa di ranah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 4 =