Program Tanam Cabai, Upaya Pemda DIY Stabilkan Harga Cabai

Jogja Dab!

Pemda DIY akan menggalakkan program menanam cabai di empat kabupaten, yakni Bantul, Sleman, Gunungkidul, dan Kulonprogo. Program ini akan dijalankan secara bertahap.

Program ini akan diatur dengan sistem supaya masa panen di masing-masing daeerah tidak terjadi pada waktu yang bersamaan. “Program menanam cabai di DIY ini akan mulai ditata secara bertahap, misalnya Sleman di 10 lokasi, Bantul di 15 lokasi, dan seterusnya,” terang Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko. Pengadaan program ini bertujuan untuk mencegah kesenjangan stok cabai saat panen. “Kalau panen serentak, nanti pada saat panen semua, harga jatuh,” tambahnya. Lokasi penanaman tidak akan hanya dilakukan di sawah, tapi juga di pekarangan milik warga. Totalnya sekitar 500 hektar.

 

Gatot Saptadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, memaparkan bahwa harga cabai hingga saat ini masih tergolong labil. Salah satu penyebabnya adalah jalur distribusi antara petani dan konsumen dikuasai oleh pengepul. Oleh karena itu, pemerintah menciptakan jalur distribusi sendiri melalui Rumah Pangan Kita (RPK) di Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) di Perdagangan, dan Toko Tani yang dimiliki oleh Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 10 =