Tiga Mahasiswa UIN Suka Juara Kompetisi Wirausaha Pemula 2018

News

Tiga mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Putri Shakinah Ayuningtyas, Muh Yusuh dan Nanda Alzeta Pratama sukses memenangkan kompetisi penerima bantuan modal usaha dari Kementerian Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) RI setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi pada akhir Maret lalu.

Ketiganya bersama 17 mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Yogyakarta ditetapkan sebagai peserta bantuan wirausaha pemula – gerakan mahasiswa pengusaha 2018 dari pemerintah. Selain modal usaha sebesar Rp 10 – 13 juta, mereka juga mendapatkan fasilitas lain, seperti Nomor Induk Koperasi, Badan Hukum Koperasi, sertifikat hak merk, ijin usaha mikro kecil, dana bergulir dan kredit usaha rakyat (KUR).

“Kami menerima bantuan modal bersama 20 penerima lain dari perguruan tinggi lain di Yogyakarta, seperti UTY, UAD, UNY, UPN, UII dan UGM,” ucap Putri Shakinah Ayuningtyas didampingi dua rekannya yang lain kepada <I>KR<P>, Kamis (19/4).

Usaha yang digeluti ketiganya ini pun beragam. Putri Shakinah, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini di sela kuliah menekuni hobi membuat handcraft dari berbagai bahan. Selanjutnya bahan itu diolah menjadi bunga untuk menghias kamar. Hasil karyanya kemudian ia tawarkan pada teman kuliah yang ternyata banyak disuka. Selanjutnya ia membuka usaha yang diberi nama ‘bungapalsubouquet’ dan ditawarkan melalui medsos.

Demikian juga Muh Yusuf juga merintis usahanya di sela kuliah. Mahasiswa Fakultas Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga ini memang bercita-cita menjadi wirausahawan sukses sehingga dapat membuka jalan rejeki bagi sesama. Aquarium Resto Yogyakarta menjadi pilihan usahanya yang baru dijalaninya dua bulan. Usaha ini merupakan ekspansi dari akuarium laut Yogyakarta yang bergerak di bidang ‘professional sett up aquarium laut’ di Yogyakarta. “Dengan bergabungnya dua usaha ini diharapkan dapat menciptakan keunggulan usaha,” ucap Yusuf.

Sementara itu, Nanda Alzeta Pratama membangun wirausaha dengan mengangkat konsep jejamuran. Melabeli usahanya dengan nama ‘Jamur Mr Alzeta-Rasa Berani Diadu’, Nanda berhasil meyakinkan tim penilai hingga ia berhasil membawa pulang dana hibah Rp 10 juta.

Menurut Kabag Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga, Drs Boy Fendriya Djatmika MSi menuturkan, UIN Sunan Kalijaga mengirimkan 19 mahasiswa untuk mengikuti seleksi tersebut. Mereka telah melakukan perintisan wirausaha, meliputi kuliner, fasion, bouqet, agroindustri, jasa kreatif, konter, retail dan sebagainya.

krjogja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 9 =