Tips Mudik Aman, Mudah dan Menyenangkan

Unisi News

Unisi Radio Jogja : Unisi News

mudik_macet

Yeay, Lebaran sebentar lagi! Satu tradisi yang udah nggak mungkin lagi ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri adalah Mudik. Kata mudik sendiri berasal dari sandi kata bahasa Jawa ngoko yaitu mulih dilik yang berarti pulang sebentar. Nah, mudik kemana kamu lebaran tahun ini? Udah dipersiapkan semuanya dengan baik dan benar? Yakin? Unisi punya beberapa tips mudik yang aman, mudah dan menyenangkan. Apa aja itu?

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Buat kamu yang menggunakan transportasi umum untuk mudik, pastikan jauh-jauh hari sebelum perjalanan mudik, kamu sudah pesan tiket. Hal ini bertujuan agar kamu masih kebagian tiket dengan harga yang relatif lebih murah. Karena, tau sendiri kan, kalau beli tiket dekat dengan hari Lebaran, harga makin melonjak tinggi dan biasanya sudah habis terjual.

2. Cek Kondisi Kendaraan

Poin ini dikhususkan untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi. Karena perjalanan mudik biasanya menghabiskan waktu berjam-jam, nggak ada salahnya kamu cek kondisi kendaraan kamu. Kalau bisa di-service dulu sebelum dipakai mudik.

3. Istirahat Cukup

Kalau bawa kendaraan sendiri, stamina harus oke nih! Mengingat waktu sampai ke tempat tujuan nggak dapat di prediksi, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian. Jadi, saat berkendara semua dalam keadaan prima dan tentunya perjalanan jadi lebih aman dan nyaman.

4. Sediakan Obat-obatan

Nah, ini kelihatannya sepele, tapi ternyata penting banget loh! Siapkan juga obat-obatan sederhana, seperti obat anti diare, sakit kepala, anti alergi, obat mag, dan anti mual dan muntah khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan.

5. Waktu Mudik

Meski mudik, puasa diusahakan tetap jalan terus ya! Jadi, usahakan agar perjalanan dilakukan usai berbuka atau malam hari. Selain suhu udara yang lebih dingin, jalur perjalanan juga terasa lebih lengang. Dan yang jelas, kamu bisa ngemil di jalan. 🙂

Well, itu dia beberapa tips mudik yang semoga bisa bermanfaat buat kamu ya. Ingat, nggak perlu buru-buru. Yang penting selamat sampai tujuan dan bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman dengan suka cita. Selamat mudik, Intelektual Muda! Jangan lupa oleh-olehnya, ya!

Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Pekerjaan Umum “Ayo Mudik – Selamat Pulang Kampung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =